Pemerintahan

Kenalkan Desa dan Wisata, Pemkab Bondowoso dan UM Jember Siapkan Konferensi Internasional

Senin, 18 Oktober 2021 - 14:38 | 26.77k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat mengelar rapat dengan pihak Unmuh Jember (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat mengelar rapat dengan pihak Unmuh Jember (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOPemkab Bondowoso bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah atau UM Jember untuk menggelar konferensi internasional tentang pembangunan desa dan pariwisata.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Unmuh Jember. "Pertemuan tersebut memantapkan acara yang akan digelar di Bulan Maret tahun depan," katanya.

Adapun tema konferensi tersebut kata dia, yakni promosi pembangunan desa dan pariwisata di Bondowoso. Pemkab Bondowoso sangat mendorong konferensi internasional yakni dengan memfasilitasi acara yang akan digelar tahun depan. "Acara Maret tahun depan, nanti kita fasilitasi acara tersebut," imbuhnya.

Menurutnya, ada dua wisata desa yang akan diperkenalkan dalam konferensi internasional tersebut. "Yakni Wisata Bukit Luwih dan Wisata Tirta Agung Kecamatan Sumberwringin," imbuh Wabup.

Wakil Rekot Satu Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Emy Kholifah mengatakan, tahun ini pihaknya fokus melakukan kajian dan riset-riset dari para peserta terhadap pembangunan desa. "Prospek pengembangan Bondowoso sangat besar terlebih tentang pembangunan desa dan pariwisata," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya agar konferensi internasional itu bermanfaat dalam mengembangkan Bondowoso ke depan. Program konferensi internasional tersebut, akan ada beberapa dosen yang mepresentasikan hasil riset, jurnal yang berkaitan dengan pembangunan desa dan pariwisata. 

"Itu nanti para teoritisi dari dunia internasional dan nasional berkumpul mempresentasikan hasil kajiannya, tentunya tentang pengembangan desa dan pariwisata," paparnya.

Ada beberapa negara yang memastikan ikut. Diantaranya Jepang, Taiwan, China, Malaisia, dan Korea. "Semua yang ikut serta pasti mempunyai kompetensi dibidang pengembangan desa dan periwisata,"ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, Pemkab Bondowoso sudah berkomunikasi dengan UM Jember tentang konferensi internasional itu. Pertemuan berlangsung di Aula Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga), Jumat (15/10/2021) kemarin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES