Pendidikan

UMKT Wisuda 571 Lulusan

Senin, 18 Oktober 2021 - 13:39 | 70.10k
Foto bersama usai penyerahan piagam wisuda secara simbolis (foto: Axel/TIMES Indonesia)
Foto bersama usai penyerahan piagam wisuda secara simbolis (foto: Axel/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Meski masih dalam bayang-bayang pandemi covid-19, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) tetap antusias melaksanakan wisuda. Dalam wisuda kali ini, sebagian besar partisipan harus melaksanakan wisuda secara daring melalui aplikasi video conference Zoom.

Pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan (PPKM) ketat sejak bulan Agustus lalu dan hingga saat ini status PPKM telah turun menjadi level 2 di kota Samarinda. Kendati demikian, UMKT tetap dapat melaksanakan wisudanya yang ke-6 secara daring dan luring.

Pembukaan agenda rapat senat UMKT secara daring diresmikan oleh Rektor Prof. Bambang Setiaji. Dalam pidatonya, Bambang menyampaikan untuk menanamkan jiwa wirausahawan pada wisudawan dan wisudawati yang telah dan akan lulus. Menurutnya, pada era sekarang ini sudah saatnya untuk berinovasi dalam mengikuti perkembangan modernisasi

Foto bersama usai penyerahan b

“ini adalah masa depan yang terbuka ke depan, dirikanlah profesi yang mandiri karena itulah yang akan berkembang di masa depan,”ujarnya membuka kegiatan wisuda yang dilaksanakan di Aula Gedung E, Lantai 4, Kampus UMKT Jalan Juanda, Sabtu (16/10/2021).

Mahasiswa yang melaksanakan wisuda secara luring yang mewakili setiap jurusan yaitu sebanyak 3 orang peserta per jurusan yang merupakan wisudawan terbaik. Bagi peserta wisuda yang menghadiri acara secara luring, wajib mematuhi protocol Covid-19. 

Pada wisuda ke-6 ini umkt meluluskan sebanyak 571 mahasiswanya yang terdiri dari 560 orang lulusan yang lulus pada semester genap tahun akademik 2020/2021 dan 11 orang lulusan yang lulus pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

Sebanyak 255 orang wisudawan Fakultas Ilmu Keperawatan, 18 orang wisudawan Fakultas Farmasi, 122 orang Fakulta Kesehatan Masyarakat, 138 orang Fakulta Ilmu Ekonomi Bisnis dan Politik, 7 orang wisudawan Fakultas Psikologi, 1 orang wisudawan Fakultas Hukum, 18 orang Fakultas Sains dan Teknologi dan 12 orang wisudawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

“UMKT sendiri saat ini adalah merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik seKaltim-tara berdasarkan Peringkat 372 PTN dan PTS se-Indonesia, peringkat 6 universitas negeri dan swasta se-Kalimantan, dan peringkat 1 PTS Se-KaltimTara.” Ujar Bambang

Terdapat 7.118 Mahasiswa aktif yang tersebar di 8 fakultas dan 18 program studi dan 183 dosen pengajar dengan kualifikasi pendidikan S3 sebanyak 15 orang dan kualifikasi pendidikan S2 sebanyak 168 orang.

Lebih lanjut Bambang Berjanji akan memberikan hadiah bagi wisudawan terbaik dan memiliki TOEFL 550 berupa beasiswa melanjutkan Pendidikan S2 di UMKT secara gratis dengan syarat mau melanjutkan S3 dan mengajar untuk UMKT setelah menyelesaikan pendidikannya.

“Kami akan memberikan beasiswa untuk jenjang S2 secara gratis di UMKT jika memiliki nilai TOEFL 550 poin,” ungkapnya disambut tepuk tangan mahasiswa.

Sementara pemilik IPK 3,92 program studi Kesehatan Masyarakat Lestiani Aulia merasa bangga dengan capaian yang diraih. “Saya tidak menduga bisa meraih IPK seperti itu, tapi dengan dorongan keluarga, sahabat dan para dosen, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan kuliah dengan hasil yang sangat memuaskan,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES