Pendidikan

Prodi Sastra Inggris Untag Surabaya Gelar Program Matching Fund 2021 di Ponorogo

Senin, 18 Oktober 2021 - 10:44 | 69.28k
Suasana Matching Fund 2021 yang digelar Prodi Sastra Inggris di Desa Pluturan Ponorogo. (FOTO: Humas Untag to TIMES Indonesia)
Suasana Matching Fund 2021 yang digelar Prodi Sastra Inggris di Desa Pluturan Ponorogo. (FOTO: Humas Untag to TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bentuk kolaborasi dan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan pihak Industri Ditjen Dikti meluncurkan program Matching Fund. Program yang dikelola oleh Kedaireka ini merupakan salah satu implementasi dari 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Dari ribuan proposal yang diajukan oleh Perguruan Tinggi baik PTN dan PTS, dua proposal Matching Fund Untag Surabaya lolos pendanaan.

Salah satunya merupakan proposal Matching Fund 2021 yang diajukan oleh Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas 17 Agustus Surabaya (Untag Surabaya). Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Ponorogo menjadi tempat pelaksanaan program Matching Fund.

YB Agung Prasaja, sebagai Ketua Pelaksana program Matching Fund 2021 menjelaskan, dari prodi sastra Inggris bahwa melihat potensi yang ada di Desa Plunturan.

“Desa Plunturan ini memiliki potensi budaya, namun tidak dapat mengoptimalkan potensi budaya untuk kesejahteraan masyarakat mengenai permasalahan desa,” tutur Agung, Jumat (15/10/2021).

Suasana Matching Fund 2021 b

Sejak 2019, Untag Surabaya telah menjalin kerjasama dengan Desa Plunturan untuk membentuk desa wisata. Namun, adanya pandemi membuat kegiatan pendampingan kurang maksimal.

Dengan adanya Matching Fund 2021 ini, prodi Sastra Inggris mengusung tema “Pelatihan dan Pendampingan Masyarakat Dalam Upaya Membentuk Desa Wisata Budaya di Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Ponorogo”.

Sebanyak 17 topik kegiatan terlaksana sejak September lalu, mulai dari pelatihan untuk kelompok sadar wisata, implementasi Sapta Pesona Wisata, pelatihan penyusunan proposal anggaran kegiatan, pelatihan story telling hingga pelatihan hospitality dengan mengembangkan rumah-rumah penduduk sebagai homestay.

19 dosen dan 45 mahasiswa prodi Sasing terlibat aktif dalam pelaksanaan berbagai program tersebut.

Program unggulan lainnya yakni digitalisasi budaya. Prodi Sasing menyumbangkan berbagai sarana digitalisasi yang memadai untuk warga desa seperti pembuatan website, penyediaan komputer, kamera dan membantu masuknya jaringan internet ke desa.

“Kegiatan ini ditujukan untuk menguatkan dan mempromosikan lebih cepat,” kata Agung. Dengan berbagai program yang ada, lanjut Agung, mendapat respon yang cukup baik dari warga desa. “Sambutan dari masyarakat cukup antusias. Bahkan ada kegiatan rembug budaya dengan pelaku budaya wisata disana tiap Sabtu malam,” ungkap Agung.

“Program unggulan yang kami miliki merupakan pelatihan bahasa Inggris bagi warga desa dengan konsep learning by doing dimana proses pembelajaran dilakukan di outdoor,” papar Agung.

Hal ini, menurutnya, memberikan proses pembelajaran yang cukup efektif untuk warga desa.

“Sejak pembelajaran pertama, kami melihat semakin meningkat antusiasme warga dengan makin banyak partisipan. Ini menjadi inovasi metode pembelajaran yang efektif,” imbuh Agung.

Lebih lanjut Agung berharap tujuan program Matching Fund 2021 Untag Surabaya bisa tercapai dengan baik dan mampu meneruskan program hingga desa Plunturan benar-benar siap menjadi desa wisata. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES