Indonesia Positif

Petani di Pangandaran Berhasil Budidaya Bawang Merah

Minggu, 17 Oktober 2021 - 23:59 | 42.25k
Hasil panen bawang merah Kelompok Tani Situ Hiyang. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Hasil panen bawang merah Kelompok Tani Situ Hiyang. (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Petani di Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang tergabung dalam Kelompok Tani Situ Hiyang berhasil budidayakan bawang merah.

Bawang merah tersebut ditanam di atas lahan pesawahan terasering yang lama tidak produktif seluas 1,5 hektare dengan jumlah pembenihan sebanyak 1,5 ton. Dari jumlah sebanyak 1,5 ton benih yang telah ditanam, petani berhasil memanen 10 ton bawang merah.

Salah satu anggota Kelompok Tani Situ Hiyang Ahmad Sobari mengatakan, proses tanam hingga panen memerlukan waktu selama 45 hari.

"Bawang merah hasil panen ini kami bagi menjadi dua bagian, di antaranya untuk pembenihan dan untuk konsumsi," kata Ahmad, Minggu (17/10/2021).

Untuk bawang merah yang super akan dijadikan benih dan yang biasa dijadikan bawang merah konsumsi.

"Bawang merah untuk benih, perlakuannya harus lebih selektif dan baru bisa ditanam setelah 60 hari dari masa panen," tambahnya.

Sedangkan untuk bawang konsumsi, cukup dengan waktu 7 sampai 10 hari dari panen setelah kering siap dipasarkan untuk bawang konsumsi.

"Bahan benih bawang merah Kelompok Tani Situ Hiyang sudah memiliki lisensi, sehingga kualitasnya tidak lagi diragukan," jelas Ahmad.

Ahmad menerangkan, jika keberhasilan penanaman bawang merah yang dilakukan terus berlanjut maka Kabupaten Pangandaran tidak lagi kesulitan mendapatkan bawang merah. Ahmad menjelaskan, selama ini bawang merah yang beredar dipasaran di Kabupaten Pangandaran didatangkan dari daerah luar.  "Sekarang Pangandaran sudah punya persediaan untuk bahan benih dan konsumsi bawang merah," ucapnya.

Untuk harga bibit bawang merah saat ini kisaran Rp47 ribu per kilogram, sedangkan bawang merah konsumsi Rp15 ribu per kilogram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES