Indonesia Positif

GP Ansor Kabupaten Cirebon Resmi Dilantik, Komitmen Gerakkan Dakwah Medsos

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:22 | 66.60k
Prosesi pelantikan GP Ansor cirebon (Foto: Dok. GP Ansor Cirebon)
Prosesi pelantikan GP Ansor cirebon (Foto: Dok. GP Ansor Cirebon)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Memiliki latar belakang yang berbeda, sesuai dengan kapasitas masing-masing, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cirebon (GP Ansor Kabupaten Cirebon) masa khidmat 2020-2024 yang berjumlah 55 orang resmi dilantik.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Barat, Ahmad Deni Haidari di gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Jl. R. Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Akhmad Ibnu Ubaidillah dalam sambutannya mengatakan, berkomitmen untuk memaksimalkan teknologi informasi khususnya media sosial sebagai media dakwah sekaligus 'counter' narasi radikalisme yang saat ini sangat masif perkembangannya.

Dikatakan dia, pihaknya akan memaksimalkan peran departemen IT dan Media, karena ini jalan dakwah kita. "Untuk mengcounter narasi-narasi yang merongrong NKRI dan NU di media sosial," ucapnya, Minggu (17/10/2021).

Tersambung, Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 99 Asmaul Husna, PP GP Ansor, M Nuruzzaman yang hadir dalam pelantikan tersebut mengatakan sepakat, dan mendukung apa yang dilakukan oleh Ansor Cirebon, yakni berdakwah di media sosial.

Prosesi pelantikan GP Ansor cirebon a

"Berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Institute ada perubahan perilaku keagamaan di Indonesia, ada 30 juta new muslim urban (muslim baru), diantaranya adalah kaum milenial, yang menghabiskan waktu 9 jam per hari di media sosial," paparnya.

Lanjut Nuruzzaman atau kerap dipanggil Zaman menyampaikan, bahwa berdasarkan pemetaan yang pihaknya lakukan di delapan Provinsi, 30 persen dari 15 ribu penyuluh keagamaan rujukan pengetahuan agamanya didapat melalui media sosial, bukan dari kyai atau ulama langsung.

"30 juta new muslim urban ini adalah tantangan bagi kader Ansor yang sesungguhnya, yakni tantangannya adalah tantangan ideologi," jelasnya.

Sementara itu, PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, juga akan mengoptimalkan peran dan fungsi untuk departemen lainnya. Seperti departemen Lingkungan Hidup (LH), Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR), Rijalul Ansor (RA), Banser dan sebagainya. Agar bisa berkontribusi dalam kehidupan sosial.

"Kami berkomitmen untuk memerangi sampah di Kabupaten Cirebon. Sesuai jargon dari pemerintah daerah, yakni "Cirebon Sehat","katanya.

Karenanya, kemarin pihak GP Ansor Kabupaten Cirebon telah melakukan aksi peduli lingkungan serentak di 40 kecamatan yang berada di Kabupaten Cirebon.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES