Peristiwa Daerah

Pemasangan Girder di Simpang Susun Cileunyi Masih Berlangsung, Pengendara Diimbau Waspada

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:59 | 42.64k
Situasi saat pemasangan girder akses Tol Cisumdawu di Simpang Susun Cileunyi, Minggu (17/10/2021) (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Situasi saat pemasangan girder akses Tol Cisumdawu di Simpang Susun Cileunyi, Minggu (17/10/2021) (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Pemasangan Girder di Simpang Susun Cileunyi yang merupakan akses penghubung dari Purbaleunyi menuju Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 tahap 3 terus dikebut pengerjaannya. Oleh sebab itu, pengendara yang akan melintasi area itu diimbau hati hati dan memperhatikan rambu rambu lalu lintas. 

Hal ini disampaikan Humas China Road and Bridge Corporation (CRBC) Mulsani kepada wartawan di Simpang Susun Cileunyi, Minggu (17/10/2021). 

"Kami ingatkan para pengendara yang melintasi Simpang Susun Cileunyi agar waspada dan memperhatikan rambu rambu lalulintas juga mengikuti arahan petugas dilapangan," terangnya. 

Ia mengatakan, pemasangan Girder tersebut seluruhnya membutuhkan waktu sampai beberapa pekan kedepan. 

"Kalau tidak ada kendala, tiap harinya bisa terpasang 3 sampai 4 girder dengan rata rata pemasangan  membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit," ucapnya.

Ia melanjutkan satu buah Girder itu memiliki panjang 40 meter dengan berat 180 ton. Setiap Girder dipasang menggunakan mesin launcher sehingga benar benar safety bahkan lebih cepat dari pada menggunakan crane.

"Pekerjaan pemasangan girder ini dilakukan tiga kali sampai 4 kali dalam satu hari. Namun, tidak ada penutupan arus, hanya pengalihan saja agar tidak melintasi segmen pemasangan girder yang memakan waktu 15 sampai 20 menit," ujarnya. 

Mulsani mengatakan, proses pemasangan girder diharapkan berjalan sesuai rencana tanpa ada kendala yang berarti. 

"Selain itu, guna menjaga keselamatan pekerja dan penggunaan jalan, pemasangan dilakukan siang hari. Karena jika malam hari lebih beresiko seperti pandangan juga kondisi lalu lintas. Dan kami meminta maaf kepada pengendara jika perjalanan sempat terganggu selama pemasangan girder berlangsung," tukasnya. 

Sementara itu, Kanit Turjawali Polresta Bandung, IPTU Sugiharto RH mengatakan, guna mengantisipasi keselamatan dan kelancaran lalulintas di Simpang Susun Cileunyi saat pemasangan Girder Tol Cisumdawu berlangsung, pihaknya telah menyiapkan beberapa rekayasa lalulintas. 

"Saat pemasangan girder berlangsung, kendaraan dari arah Jatinangor-Sumedang akan memutar di Bunderan ABC Cipacing lalu ke arah Gerbang Tol (GT) Cileunyi. Sedangkan, dari arah Garut-Tasik menuju Jakarta langsung saja ke (GT) Cileunyi dan yang menuju Cibiru-Bandung langsung lurus saja sesuai petunjuk rambu rambu serta arahan petugas dilapangan," katanya. 

Selain itu, imbuh Sugiharto, bersamaan dengan pemasangan Girder akses Tol Cisumdawu di Simpang Susun Cileunyi, sedikitnya 5 personil Satlantas Polresta Bandung diterjunkan guna mengatur lalulintas agar tetap lancar. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES