Peristiwa Internasional

Covid-19 Menurun, Arab Saudi Hapus Aturan Jaga Jarak di Masjidil Haram

Minggu, 17 Oktober 2021 - 12:21 | 144.74k
Jamaah Sholat di Masjid Al Haram. (FOTO: HaramainInfo)
Jamaah Sholat di Masjid Al Haram. (FOTO: HaramainInfo)

TIMESINDONESIA, JAKARTAArab Saudi melonggarkan protokol kesehatan Covid-19 berupa jaga jarak. Ini setelah mempertimbangkan penurunan kasus yang cukup signifikan di wilayah tersebut.

Worldometers mencatat per hari ini, Arab Saudi hanya terdapat penambahan 45 kasus baru di Arab Saudi. Rincinya, 2 kasus kematian dan 41 kasus sembuh. Secara kumulatif, kasus covid-19 mencapai 547.890 kasus.

Sejumlah kebijakan baru mengenai tata cara beribadah juga diterapkan di Masjidil Haram Makkah, dan Masjid Nabawi di Madinah.

"Aturan jaga jarak sudah berakhir di Masjid Al Haram," demikian dilansir dari cuitan Twitter media lokal Haramain Sharifain @HaramainInfo, Minggu (17/10/2021).

Umrah-2.jpg

Pemerintah Arab Saudi kini memberlakukan kapasitas penuh di kedua tempat ibadah itu. Namun, aturan ditujukan untuk para jemaah yang sudah menerima vaksin covid-19 sebanyak dua kali.

Artinya, jemaah yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dua kali, dari hari ini dapat mengunjungi masjid di Mekah dan Madinah dengan tetap memakai masker dan menggunakan aplikasi 'Eatmarna' atau 'Tawakkalna'.

Sejumlah tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 juga tetap dilakukan di tempat umum. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, dan pemeriksaan status kesehatan melalui aplikasi Tawakkalna.

"Aturan jaga jarak dan pemakaian masker akan tetap diterapkan di fasilitas yang tidak dilakukan pemeriksaan status kesehatan melalui aplikasi 'Tawakkalna'," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES