Ekonomi Indonesia Bangkit

Konsisten, Kunci Sukses Asep Jadikan Rangicok Menjadi Produk UMKM Kota Banjar Go National

Minggu, 17 Oktober 2021 - 08:50 | 61.21k
Asep saat memperkenalkan produknya dalam pameran di Bandung kepada aktor Deddy Mizwar sewaktu menjabat Wagub Jabar (foto: Istimewa)
Asep saat memperkenalkan produknya dalam pameran di Bandung kepada aktor Deddy Mizwar sewaktu menjabat Wagub Jabar (foto: Istimewa)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, BANJAR – Ini, sedikit dari sekian banyak kunci sukses para pelaku UMKM Juara di Kota Banjar, Jawa Barat. TIMES Indonesia meminta pendapat pemilik produk kenamaan di Kota Banjar, Rangicok alias Ranginang Cokelat yakni Asep Rohayanto yang akrab disapa Asep. 

Menurut Asep, salah satu kunci sukses UMKM adalah konsisten. Kata yang menurutnya mudah diucapkan, tapi mudah atau sering diabaikan. 

Asep 2Mantan Gubernur Jabar Aher saat mengunjungi stand pameran miliknya (Foto: Istimewa)

"Tanpa konsistensi, semuanya serba menggantung, semua pekerjaan harus diselesaikan dengan baik karena hasil tidak akan mengkhianati usaha. Apa yang kita lakukan sekarang adalah terus bergerak, pembuktian kepada Allah atas atas kesungguhan niat dan ikhtiar kita, apapun yang Allah beri kita terima dengan bahagia. Semua itu tidak ada yang kebetulan, segala sesuatunya karena kehendak-Nya," paparnya membagikan pengalamannya dalam merintis usaha hingga namanya mulai diperhitungkan sebagai pelaku UMKM Juara. 

"Pertemuan saya dengan peserta pameran Cooperative Fair Tahun 2016 tingkat Provinsi Jawa Barat di Bandung yang dihadiri juga kontingen lrovinsi lain misalnya, luar biasa. Peserta dari Provinsi Jambi yang mempunyai produk Kacang Kerinci menjadi sesuatu yang menakjubkan bagi saya," ungkapnya.

Awal mulanya, peserta dari Provinsi Jambi melihat produk Rangicok sebagai sebuah produk yang inovatif dengan hanya memanfaatkan butiran Ranginang dipadu dengan cokelat. 

Mereka lantas menginginkan Asep menjadi narasumber dan instruktur mengenai pembuatan coklat yang akan dipadu dengan Kacang Kerinci. 

Kemudian ditindaklanjuti kerjasama antar provinsi Jawa Barat dan Jambi melalui dinas, hal tersebut disetujui dan dirinya diundang untuk datang ke Kabupaten Sungai Penuh. 

"Selama tiga hari, kami tim dari Rangicok melakukan demo dan tutorial mulai dari pembuatan cokelat sampai pengemasan. Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan mendapat respons baik," kenangnya.

Asep 3Produk Rangicok yang sudah mendunia (foto: Istimewa)

Tutorial yang diberikan rupanya membuat pelaku UMKM asal Jambi tersebut memproduksi cokelat Kacang Kerinci. 

"Intinya kami bisa berbagi ilmu, yang bertujuan selain memperkenalkan produk Rangicok, sekaligus bisa memotivasi untuk memproduksi makanan olahan cokelat," katanya.

Asep mengakui bahwa momen tersebut merupakan saat-saat yang menakjubkan baginya di mana dirinya bisa mendapatkan suatu pengalaman yang luar biasa. 

"Saya pertama kalinya naik pesawat terbang antarpulau yang biasanya diberikan khusus bagi instruktur kelas nasional dengan fasilitas free transportasi dan free hotel dari Pemkab Sungai Penuh Provinsi Jambi," kaa Asep, owner Rangicok produk UMKM Kota Banjar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES