Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Majalengka Targetkan Vaksinasi 16 Ribu Dosis Per Hari

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:53 | 32.58k
Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi, saat meninjau langsung di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi gerai vaksinasi merdeka di wilayah hukum Polres Majalengka. (Foto: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)
Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi, saat meninjau langsung di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi gerai vaksinasi merdeka di wilayah hukum Polres Majalengka. (Foto: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menargetkan capaian pemberian vaksinasi Covid-19 akan dilakukan dengan 16.000 dosis suntikan per hari, baik untuk suntikan dosis 1 dan 2.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi, saat meninjau langsung di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi di wilayah hukum Polres Majalengka, Sabtu (16/10/2021).

Edwin optimis target 15.000 hingga 16.000 dosis sehari bakal terealisasi. Hal itu, melihat jumlah stok vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang juga sekaligus dibarengi antusiasme masyarakat yang ingin vaksin.

"Digebernya kegiatan vaksinasi tersebut bertujuan untuk mempercepat herd immunity di Kabupaten Majalengka dengan sasaran terutama para pelajar dan masyarakat umum," jelas Edwin.

Lebih lanjut, Edwin mengajak seluruh pihak agar ikut mendorong keberhasilan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka. Sebab, vaksin dinilai sebagai salah satu upaya tambahan dalam mengendalikan pandemi Covid-19 di kota berjuluk Angin.

"Kami juga berpesan agar membudanyakan protokol kesehatan Covid-19 terus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat meskipun telah mendapat vaksin Covid-19 secara lengkap," harapnya.

Secara keseluruhan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, per Jumat 15 Oktober 2021, mencatat sebanyak 216.010 masyarakat umum telah menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan, baru 88.900 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

"Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 746.420 orang baru menyentuh 29 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 12 persen," ujar Sekertaris Dinkes Majalengka, Agus Susanto.

Sementara untuk anak/remaja usia 12-17 tahun yang telah menerima suntik vaksinasi dosis 1, sebayak 11.614 orang atau setara dengan 9 persen dan yang telah disuntik lengkap (dosis2) baru mencapai 7 persen atau 8.818 orang dari total sasaran 124.701

Untuk total sasaran vaksinasi bagi lansia sendiri, menurut dia, sebayak 126.633. Sedangkan yang sudah menerima vaksinasi dosis 1, sebayak 19.169 orang atau 15 persen. Sementara, yang sudah disuntik dosis 2, baru menyentuh angka 8 persen atau 9.904

"Oleh sebab itu, diperlukan dukungan berbagai pihak, tak hanya pemerintah saja, melainkan termasuk elemen masyarakat, TNI/Polri, ormas, dan swasta untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi Covid-19," ucap Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES