Ekonomi

Ramah Lingkungan, Kemasan Daur Ulang Kertas Gantikan Posisi Kemasan Plastik

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 01:34 | 179.25k
Kemasan Daur Ulang Kertas yang Menarik (Foto: Joko)
Kemasan Daur Ulang Kertas yang Menarik (Foto: Joko)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah saatnya masyarakat maupun pemilik usaha seharusnya meninggalkan kemasan plastik karena plastik yang menjadi sampah akan sulit terurai dan bahkan masih akan ada sampai ribuan bahkan ratusan tahun.

Namun kantong plastik bisa membutuhkan 10-1000 tahun untuk terurai.

Hanya sebanyak 14% persen kemasan plastik saja yang didaur ulang.

Data LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) menyebut sebesar 8,3 ton plastik mengalir ke Teluk Jakarta dan menjadikan Indonesia sebagai penyumbang polusi plastik kedua.

Dengan banyaknya para pebisnis yang masih menggunakan plastik ini, custombox.id salah satunya telah menggunakan, kemasan ramah lingkungan yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang karena selain mudah terurai, bahan dasar dari produk ini juga terbuat dari kertas daur ulang yang sudah tak terpakai.

Kemasan eco friendly yang digunakan custombox.id ini ternyata banyak nilai lebih yang didapatkan masyarakat maupun pebisnis.

Penggunaan kemasan eco friendly yang digunakan tersebut juga menjadi bentuk peduli sekaligus mengajak konsumen untuk berkontribusi atas iklim dan lingkungan yang semakin rusak akibat polusi, termasuk polusi plastik. Selain itu, kemasan eco friendly saat ini sudah didesain dengang sangat menarik sehingga bisa menggeser keberadaan plastik itu sendiri.

"Custombox.id membuat box atau kardus dari recycled material. Dari bahan daur ulang kertas jadi tidak berbahan plastik," ujar Dino Johari, founder Custombox.id, Jumat (15/10/2021) secara virtual.

Di bawah PT Custom Box Indonesia, Custombox.id memproduksi kemasan dari mulai proses daur ulang hingga menjadi box siap pakai di pabrik sendiri.

Meski terbuat dari bahan daur ulang, kualitas kemasan ini sangat premium dan kokoh.

"Untuk box kami beda-beda, dari ketebalan, bentuk dan ukuran itu kita sesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan customer. Biasanya customer itu rincikan kebutuhannya seperti apa, dari sana tim kami akan bantu untuk merekomendasikan packaging yang paling efisien serta paling cocok untuk kebutuhannya," jelas Dino.

Daur-Ulang-Kertas-2.jpg

Custombox.id memiliki tim profesional yang akan membantu customer mulai dari desain hingga pemilihan box yang tepat.

Para tim ini akan menyesuaikannya dengan kebutuhan dan branding produk milik customer.

"Misalnya ada yang butuh packaging untuk pengiriman gelas, kami akan buatkan packaging yang kuat agar gelas tidak pecah. Biasanya, untuk gelas kami juga buatkan sekat yang perfectly fit dengan gelasnya, agar barangnya tidak goyang pada saat pengiriman. Dan juga kami juga pasti sesuaikan design packaging yang sesuai dengan branding brand tersebut,” imbuhnya.

Sesuai dengan namanya, custombox.id, menerima pembuatan box sesuai dengan permintaan customer serta dari berbagai produk. Mulai dari produk fashion, kopi, kosmetik dan skincare, sepatu bahkan sampai box furniture karena meski terbuat dari bahan daur ulang, kemasan Custombox.id tetap kokoh.

Bahkan produk tersebut juga bisa dilihat di Instagram @custombox.id yang terdapat contoh-contoh box kustom menarik baik dari bentuk, ukuran, desain hingga warna.

Custombox sendiri tak asal-asalan dalam membuat box dan menyematkan desain.

Custombox.id juga akan membantu menaikkan brand dan nilai jual produk melalui kemasan mereka.

Tak jarang kemasan menjadi yang pertama dilirik oleh masyarakat ketika melihat suatu produk, dan ini menjadi kelebihan Custombox untuk mewujudkan kemasan eco friendly yang dapat meningkatkan nilai jual jika dibandingkan dengan kemasan plastik yang monoton. Satu hal yang tak kalah penting adalah Custombox memberikan minimum order yang rendah, sehingga sangat memudahkan bagi pebisnis pemula yang ingin membeli kemasan dalam jumlah kecil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES