Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Gelombang Tiga Covid-19, Pemkot Malang Agendakan Vaksin Booster Bagi Masyarakat

Jumat, 15 Oktober 2021 - 18:48 | 46.88k
Ilustrasi penyuntikan vaksin. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Ilustrasi penyuntikan vaksin. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, MALANG – Wacana vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat umum nampaknya segera terealisasi. Sebab, hal ini merupakan salah satu cara dalam mengatasi prediksi gelombang ketiga Covid-19 yang diperkirakan terjadi pada Desember 2021 mendatang.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, soal vaksinasi booster bagi masyarakat umum tersebut memang telah mendapatkan instruksi dari pemerintah pusat.

Terlebih, menurut Sutiaji ia juga telah mendapat informasi bahwa baru saja kedatangan dosis vaksin untuk booster yang rencananya akan disuntikan kepada masyarakat umum.

"Sudah ada instruksi dari pemerintah pusat. Menteri Kesehatan menyampaikan ada 24 juta vaksin yang disiapkan," ujar Sutiaji Jumat (15/10/2021).

Sutiaji mengungkapkan vaksin booster tersebut merupakan salah satu upaya penguatan Herd Immunity di tingkat masyarakat guna menekan penyebaran Covid-19.

"Untuk penguatan di tingkat masyarakat. Herd Immunity kami kuatkan dam info sekarang kan juga bakal ada gelombang ketiga, jadi ini untuk langkah antisipasinya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, untuk mekanisme pelaksanaan vaksinasi Booster bagi masyarakat hingga saat ini masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat.

"Terkait itu kami masih menunggu regulasinta dari Kemenkes. Nanti di bertahap seperti pelaksanaan vaksin sebelumnya atau bagaimana sasarannya, masih menunggu," tuturnya.

Selanjutnya, untuk progres vaksinasi booster bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang, kata Husnul, hingga saat ini mencapai 91,76 persen.

"Sementara vaksin booster memang untuk nakes saja. Kalau ketersediaan dosis vaksin di kami (Dinkes) ada sekitae 75 ribu dosis," pungkasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES