Peristiwa Daerah

Alasan Wali Kota Malang Belum Perbolehkan Taman Kota Buka di PPKM Level 3

Jumat, 15 Oktober 2021 - 15:22 | 34.44k
Terlihat banner bertuliskan dilarang masuk terpampang di kawasan Alun-Alun Tugu Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Terlihat banner bertuliskan dilarang masuk terpampang di kawasan Alun-Alun Tugu Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGWali Kota Malang, Sutiaji nampaknya masih belum bisa membuka taman kota untuk lokasi wisata di Kota Malang. Sebab, Kota Malang yang masih masuk PPKM level 3 pada asesmen Inmendgari membuat Sutiaji masih belum berani mengusulkan untuk membuka taman kota.

Sutiaji mengatakan salah satu alasan yang membuat dirinya belum berani membuka taman kota, yakni penanggung jawab untuk pemantauan protokol kesehatannya.

"Kalau di Mal dan Wisata besar kan ada one get-nya. Kalau di taman kota kan tidak. Taman itu penanggung jawab siapa," ujar Sutiaji, Jumat (15/10/2021).

Oleh karena itu, Sutiaji pun mengkhawatirkan jika taman kota dibuka sekarang, nanti akan terjadi kerumunan. Namun, ia memberi harapan jika kedepan memang bisa dibuka untuk taman kota tapi secara bertahap.

Kawasan-Alun-Alun-Kota-Malang.jpgKawasan Alun-Alun Kota Malang (Jl Merdeka) yang dipageri dengan tali tanda dilarang masuk. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

"Harapannya masih tetap kita belum berani buka secara frontal, tapi tipis-tipis ya. Mudah-mudahan mereka para pengunjung di taman-taman juga sadar akan Covid-19," ungkapnya.

Ia memberi contoh, seperti halnya Sutiaji sempat menerima surat pengajuan kegiatan keagamaan dengan berskala besar, dirinya pun masih belum bisa mengijinkan. Alasannya, karena khawatirnya nanti ada penumpukan yang dimana jemaah kegiatan keagamaan bisa sampai ribuan orang.

"Mungkin kalau di lapangan rampal orang seribu bisa berkegiatan. Tapi kan kembali ke masing-masing untuk ketaatan prokesnya kan belum tentu. Itu yang saya khawatirkan sama halnya pembukaan taman kota," katanya.

Perlu diketahui, sejumlah taman di Kota Malang sendiri memang sejak PPKM Darurat beberapa bulan yang lalu secara total ditutup dengan diberi pembatas.

Seperti yang terlihat di Alun-Alun Kota Malang (Jl Merdeka) ataupun Alun-Alun Tugu yang ada di sekitar Balai Kota Malang ditutup dengan diberi tanda larangan masuk hingga penutupan dengan tali di pintu masuknya.

"Ya bagaimana caranya ada pelonggaran sedikit-sedikit, tapi tetap pengetatan prokes. Ini secara bertahap satu persatu kita longgarkan. Tapi perlu koordinasi dengan pusat dan Taman Kota belum bisa kita lakukan pembukaan," pungkas Wali Kota Malang tentang belum dibukanya taman kota karena Malang masih berstatus PPKM level 3. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES