Ekonomi Indonesia Bangkit

Rakana Handycraft, UMKM di Kota Tasikmalaya yang Memproduksi Alat Permainan Edukatif

Jumat, 15 Oktober 2021 - 07:01 | 52.87k
Owner Rakana Handycrft bersama wali kota Tasikmalaya HM. Yusuf. (Foto: Obech/TIMES Indonesia)
Owner Rakana Handycrft bersama wali kota Tasikmalaya HM. Yusuf. (Foto: Obech/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYARakana Handycraft, UMKM di Kota Tasikmalaya yang menproduksi APE (Alat Permainan Edukatif) sejak tahun 2008 hingga kini masih eksis. Usaha ini dirintis Ageung S Hardian bersama istri Ati Suryati dengan tujuan ingin membantu meningkatkan perkembangan pada anak.

Dijelaskan, alat permainan yang memiliki nilai guna, efektivitas dan efisiensi akan mengarahkan proses mendidik secara positif.  Alat permainan edukatif memiliki manfaat pengembangan fisik motorik, kognitif, kreativitas, bahasa, sosial dan emosional.

Memproduksi-Alat-Permainan-Edukatif.jpg

"Sedangkan fungsi alat permainan edukatif adalah  menciptakan situasi bermain yang menyenangkan, menumbuhkan rasa percaya diri,

memberikan stimulasi dalam prilaku, memberikan kesempatan anak bersosialisasI," kata owner Rakana Handycraft.

Kelengkapan alat bermain yang memiliki nilai edukatif, lanjutnya, akan mendidik dan memberi rangsangan atau respona positif terhadap indra pemainnya.

Memproduksi-Alat-Permainan-Edukatif-2.jpg

"Dalam pembuatan APE, ada syarat teknis, dan kami selalu memperhatikan itu misalnya bahan  sesuai dengan tujuan dan fungsinya sehingga aman dan tidak mengandung unsur yang membahayakan anak," tambahnya.

Model dan jenis Alat Permainan Edukatif karya Rakana Handycraft dapat dilihat instagram rakana.handycraft dan sejumlah marketplace. Sedangkan workshop ada di Jalab Cibangun Kidul/Sukajdi RT 003 RW 006, Ciherang-Cibeureum, Kota Tasikmalaya.

"Harga produk Rakana Handycraft terjangkau alias tidak mahal, kualitas juga terjaga, pemasaran sudah sampai Malaysia, Riau, Kupang, Medan dan beberapa kota lainnya," ujar pelaku UMKM Kota Tasikmalaya ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES