Peristiwa Internasional

Rusia Operasikan 70 Jet Tempur Sukhoi Su-57 di Tahun 2027

Jumat, 15 Oktober 2021 - 05:45 | 123.39k
Jet tempur Rusia Su-57 supercanggih yang akan melengkapi pasukan tempur Rusia. (FOTO: Russia Beyond)
Jet tempur Rusia Su-57 supercanggih yang akan melengkapi pasukan tempur Rusia. (FOTO: Russia Beyond)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lebih dari 70 jet  tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 akan dioperasionalkan pasukan Rusia pada tahun 2027, termasuk beberapa pesawat tahun ini, perusahaan teknologi negara Rostec mengumumkan hal itu Kamis (14/10/2021).

Sukhoi Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat, dan laut.

Su-57 ditanami mesin jet generasi baru yang memungkinkannya berakselerasi dalam mode non-afterburner ke kecepatan supersonik dan mempertahankannya di keseluruhan penerbangan.

Kecepatannya melebihi 2.000 km/jam, selagi bermanuver dan melakukan aerobatik, sehingga mampu menghindari tembakan rudal dan senjata musuh dengan lebih baik. 

Jet tempur Rusia Su 57 bDengan membawa dua mesin generasi baru memungkinkannya berakselerasi dalam mode non-afterburner ke kecepatan supersonik.(FOTO: Russia Beyond)

Kantor berita resmi Rusia, TASS melansir, Rostec menanggapi sebuah artikel di majalah National Interest yang berbasis di AS, yang mengklaim bahwa pesawat tempur siluman generasi kelima Sukhoi Su-57 "tidak mungkin memasuki layanan operasional sebelum 2027."

"Pesawat generasi kelima Rusia tidak membuat Barat merasa mudah. ​​Pesawat tempur Su-57 dan Skakmat sering menjadi fokus berita palsu. Fakta tidak benar yang tidak ada hubungannya dengan kenyataan telah dipublikasikan.

Lebih dari 70 pesawat akan dikirimkan pada 2027, termasuk beberapa pesawat tempur tahun ini," kata Rostec dalam sebuah pernyataan.

Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, mampu mencapai kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat (yang disebut electronic second pilot), sistem radar tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lainnya, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawatnya.

Angkatan Udara Rusia akan menerima 22 pesawat tempur Sukhoi Su-57 pada akhir 2024 dan jumlah mereka akan meningkat menjadi 76 pada tahun 2028. Pesawat tempur Su-57 pertama dikirim ke pasukan Rusia pada tahun 2020.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES