Peristiwa Daerah

Banyak Barang Kuno Berasal dari Desa Selasari Kabupaten Pangandaran

Kamis, 14 Oktober 2021 - 23:00 | 34.96k
Salah satu barang kuno berasal dari goa yang terdapat di Desa Selasari (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Salah satu barang kuno berasal dari goa yang terdapat di Desa Selasari (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang masuk nominasi 50 Desa Wisata se Indonesia juga banyak ditemukan barang kuno.

Kepala Seksi Seni Budaya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Iing Rohidin mengatakan, barang kuno tersebut banyak ditemukan di dalam goa.

"Berdasarkan penelusuran, di Desa Selasari ini banyak terdapat goa, bahkan jumlahnya hingga ratusan goa," kata Iing, Kamis (14/10/2021).

Iing menambahkan, Disparbud Kabupaten Pangandaran dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten telah menemukan beberada benda dan saat ini disimpan di TIC.

"Barang kuno itu di antaranya, gerabah yang ditemukan di goa Peteng dan tulang hewan purba untuk alat berburu di goa Sutrareregan Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran," tambahnya.

Dijelaskan Iing, benda kuno tersebut diyakini peralatan yang digunakan oleh manusia purba yang hidup 10.000 tahun lalu.

"Adanya penemuan benda kuno itu ciri eksistensi manusia purba banyak melakukan aktivitas dalam goa," jelas Iing.

Iing menerangkan, barang kuno itu diyakini pada jaman mesolitikum atau jaman batu.

"Kehidupan saat jaman mesolitikum menggunakan batu sebagai alat dalam kegiatan sehari-hari, serta membuat kerajinan gerabah dari tanah liat," terang Iing.

Manusia pada jaman mesolitikum mulai mengalami perkembangan budaya yang lebih cepat, salah satu diantaranya sudah mulai bercocok tanam meskipun dengan cara yang masih sederhana.

"Mereka dalam melakukan aktivitas masih menggunakan tulang dan tanduk hewan untuk keperluan sehari-hari, salah satu bukti kami menemukan beberapa manik-manik dari tulang dan 3 buah gigi gajah purba," pungkasnya terkait banyaknya penemuan barang kuno di Desa Selasari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES