Ekonomi

Purfy Handmade Tasikmalaya, Menyulap Potongan Kayu Menjadi Barang Berharga 

Jumat, 15 Oktober 2021 - 02:07 | 94.56k
Owner Purfy Handmade Tasikmalaya Puspi Mulyawati, memperlihatkan produknya saat berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya beberapa hari yang lalu (FOTO: Harniwan Obech/ TIMES Indonesia)
Owner Purfy Handmade Tasikmalaya Puspi Mulyawati, memperlihatkan produknya saat berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya beberapa hari yang lalu (FOTO: Harniwan Obech/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Usaha Purfy handmade berawal dari menemukan penggaris kayu patah, muncul ide untuk menyulapnya menjadi boks kecil bermotif kayu unik. Sang istri yang selalu meminta dibuatkan boks hantaran yang sedang tren, menjadi motivasi memproduksi beragam perkakas berbahan kayu dengan misi menyelamatkan lingkungan.

Puspi Mulyawati, pemilik Rumah Hantaran Purfy Kota Tasikmalaya mengatakan, dengan memanfaatkan potongan-potongan kayu kecil, rumah produksinya membuat baki hantaran, boks, dan beragam perkakas unik lainnya. Potongan-potongan kayu itu mereka dapatkan dari industri mebel dan pabrik-pabrik pengolahan kayu. 

Purfy-Handmade-2.jpgBaki hantaran produk Purfy Handmade Tasikmalaya Puspi Mulyawati siap dikemas dan dipasarkan di wilayah  Kota Tasikmalaya dan beberapa Kota di Jawa Barat (FOTO: Puspi Mulyawati for TIMES Indonesia)

"Sekarang kami punya banyak stok untuk penyewa hantaran dari Rumah Hantaran Purfy. Kami memberi bonus boks tempat maskawin sebagai tanda mata. Boksnya kami beri hiasan berupa nama pengantinya model decoupage," ungkap Puspi.

Selain boks hantaran, Rumah Hantaran Purfy juga memanfaatkan cup mie plastik bekas dihias benang rajut. Barang bekas itu menghasilkan karya seni yang bermanfaat karena menjadi sebuah cup serbaguna. Cup hias tersebut dibanderol Rp47 ribu, harga yang terbilang ekonomis. 

Puspi juga sempat mengikuti pelatihan rias hantaran pengantin yang diselenggarakan IPEMI pada 15 September 2021 lalu. Pelatihan diikuti peserta dari berbagai pelosok nusantara seperti Cianjur, Sukabumi, dan luar Jawa Barat seperti Jawa Tengah, Sumatra Utara, Pekanbaru, Palembang, Tebing Tingggi, Langkat, Brunai, Riau, Rokan Hulu, Jepang, hingga Kutai kertanegara. "Alhamdulillah, pelatihan itu menambah wawasan," jelasnya. 

Purfy-Handmade-3.jpgOwner Purfy Handmade Tasikmalaya Puspi Mulyawati, di rumah produksinya Perumahan Bumi Asri Blok D Nomor 11 RT 006/RW 001, Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (FOTO: Puspi Mulyawati for TIMES Indonesia)

Rumah Hantaran Purfy juga menyediakan cendera mata berupa kemasan botol-botol kecil berisi aneka sabun cair, handsanitizer dan botol rajut yang lucu. Botol rajut juga bisa memesan dengan dibubuhi nama, sesuai permintaan. 

Bagi yang membutuhkan perangkat hantaran, bisa datang langsung ke Purfy handmade di Perumahan Bumi Asri Blok D Nomor 11 RT 006/RW 001, Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Alamat lain, di Desa Banjarasari RT 06/RW 07, Sukaresik, Tasikmalaya. Bisa juga menghubungi sosial media Facebook: puspi.mulyawati, instagram purfyberkah dan sejumlah marketplace. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES