Peristiwa Daerah

Tim Eksplorasi Berhasil Temukan Penampakan Bangkai Kapal van Der Wijck di Perairan Lamongan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:43 | 35.86k
Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho (kaos hitam), menunjukkan dokumentasi kapal Van der Wijk, yang didapat dari eksplorasi, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Disparbud Lamongan for TIMES Indonesia)
Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho (kaos hitam), menunjukkan dokumentasi kapal Van der Wijk, yang didapat dari eksplorasi, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Disparbud Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Eksplorasi bangkai Kapal Van der Wijck di perairan Lamongan membuahkan hasil. Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) berhasil mendokumentasikan bangkai kapal tersebut, Kamis (14/10/2021).

Eksplorasi tahap kedua tersebut dimulai tadi pagi. Tim dari BPCB Jatim berangkat menuju titik tenggelamnya kapal Van der Wijck menggunakan dua kapal nelayan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, mengatakan, eksplorasi berjalan lebih baik daripada eksplorasi yang dilakukan pada bulan April lalu, sehingga berhasil mendokumentasikan keberadaan kapal yang tenggelam pada 1936 itu, pada hari pertama eksplorasi.

"Alhamdulillah, eksplorasi hari ini tim arkeolog sudah berhasil mendapatkan dokumentasi videonya. Progres jauh lebih baik dari eksplorasi pertama yang tidak dapat dokumentasi," kata Siti Rubika, Kamis (14/10/2021).

Meski telah berhasil mendokumentasikan dalam bentuk video, namun Rubikah menyebut bahwa masih butuh pendalaman dan butuh lebih banyak lagi dokumentasi terkait kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan itu.

"Butuh banyak dokumentasi kapal Van der Wijck lagi sehingga masih dibutuhkan untuk melakukan penyelaman kembali dan sepertinya Sabtu besok tim penyelam juga ditambah," kata Rubikah. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES