Peristiwa Daerah

Tebing Batu Cadas Desa Plumbon Kebumen Ancam Pengguna Jalan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:42 | 60.09k
Pembersihan material batu cadas di ruas Wadasmalang - Plumbon, Kebumen. (FOTO : Humas Polres Kebumen for TIMES Indonesia)
Pembersihan material batu cadas di ruas Wadasmalang - Plumbon, Kebumen. (FOTO : Humas Polres Kebumen for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEBUMEN – Tebing bebatuan cadar di ruas jalan Wadasmalang - Plumbon, tepatnya di Dukuh Sumberan Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen sering longsor. Bahkan bebatuan tersebut sering runtuh secara tiba - tiba dan jatuh ke bahu jalan.

Hal ini tentu mengancam nyawa para penggguna jalan. Seperti halnya yang disampaikan warga sekitaran tebing tersebut.  Makanya saat hendak melintas, warga harus selalu waspada dan memastikan lokasi yang akan dilalui benar-benar aman.

Melihat kondisi ini, jajaran kepolisan dari Polsek Karangsambung intens melakukan patroli ke daerah ini terlebih saat musim penghujan seperti sekarang ini.

Pada Kamis (14/10/2021) petugas Polsek Karangsambung bersama BPBD Kecamatan dan perangkat Desa melakukan pembersihan materi longsoran yang berserakan di jalanan sehingga mengganggu perjalanan  masyarakat. 

Terlebih jalur tersebut adalah jalur utama penghubung Kecamatan Alian dengan Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung. Matrial tersebut diketahui berasal dari tebing yang lonsor.

Menanggapi hal ini, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman mengungkapkan, saat ini puing-puing sudah disingkirkan dan bisa dilalui warga dengan aman.

"Setelah mendengar informasi ada longsor, Polsek bersama instansi terkait segera menuju ke lokasi dan melakukan evakuasi," jelas Iptu Tugiman. Seraya menambahkan bahwa  Kapolsek Karangsambung, Iptu Masdar memimpin langsung jalannya evakuasi puing-puing batu cadas tersebut.

Menurut Iptu Masdar, longsor bisa terjadi kapan saja karena rapuhnya tebing cadas  Ini menjadi kerawanan tersendiri jika warga yang melintas tidak waspada.  Terkait kejadian ini, ke depan, tebing akan dinormalisasi, dibuat terasering tebing supaya tidak longsor lagi dan tidak membahayakan pengguna jalan.

"Ini harus segera dilakukan normalisasi, untuk keamanan bersama," tandas Iptu Masdar Kapolsek Karangsambung, Polres Kebumen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES