Peristiwa Daerah

Mahasiswa Ners UM Jember Susun Strategi Turunkan Angka Kematian Ibu Hamil di Desa Jubung

Kamis, 14 Oktober 2021 - 18:02 | 30.34k
Mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) bersama dengan bidan desa dan kader mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jubung. (Foto: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)
Mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) bersama dengan bidan desa dan kader mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jubung. (Foto: Humas UM Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Mahasiswa profesi ners Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember) bersama dengan bidan desa dan kader mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Jubung pada, Rabu (13/10/2021). 

MMD sendiri merupakan kegiatan pertemuan dengan tokoh masyarakat desa untuk membahas permasalahan kesehatan, salah satunya kesehatan ibu hamil. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menyusun strategi dalam mengatasi permasalahan ibu hamil.

Awal mula kegiatan ini berangkat dari hasil pengkajian yang dilakukan oleh mahasiswa bahwa terdapat 47 persen kehamilan ibu dengan risiko rendah, 39,1 persen dengan risiko sedang dan 13 persen kehamilan ibu dengan risiko tinggi. 

Selain itu, kegiatan ini diadakan karena kesadaran dari mahasiswa terhadap angka kehamilan risiko tinggi yang dapat mengancam kesehatan serta keselamatan ibu dan janin. 

Harapan dari kegiatan MMD sendiri ingin mengurangi angka ibu hamil yang memiliki resiko tinggi, dengan cara memastikan kondisi ibu hamil sehat sampai proses melahirkan. 

“Kegiatan MMD ini diharapkan mampu menyerap aspirasi masyarakat terkait kondisi dan layanan kesehatan, khusunya merujuk pada keinginan berkurangnya angka ibu hamil yang memiliki risiko tinggi.” harap Enggar Teguh S.Kep.

Dalam realisasinya, kegiatan ini bekerjasama dengan program GELIAT Universitas Airlangga (UNAIR), UNICEF, dan Dinas Kesehatan Jember. 

Selain itu, pelaksanaan kegiatan MMD dihadiri oleh Kepala Desa Jubung, Puskesmas Kecamatan Sukorambi, dan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UM Jember Ns. Sri Wahyuni Mkep, Spkom. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES