Peristiwa Nasional

Gubernur Anies Baswedan Kembali Bangun Kampung Susun untuk Warga Jakarta

Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:34 | 46.47k
Gubernur Anies Baswedan kembali membangun beberapa Kampung Susun Kunir di Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur Anies Baswedan kembali membangun beberapa Kampung Susun Kunir di Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (14/10/2021). (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGubernur Anies Baswedan kembali membangun beberapa Kampung Susun yang pernah digusur pada era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Setelah Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung dan Kampung Akuarium, Anies kembali meresmikan pembangunan Kampung Susun Kunir di Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (14/10/2021).

Anies menyampaikan bahwa Kampung Susun Kunir ini untuk warga Pinangsia yang menjadi korban penggusuran sebelumnya.

Selain itu kata dia, Kampung Susun Kunir ini adalah salah satu wujud komitmen dari pihaknya untuk memastikan warga DKI Jakarta mendapatkan hunian yang layak ketika mereka rumahnya harus digusur untuk kepentingan publik.

Ia berjanji Kampung Susun Kunir akan menjadi tempat tinggal layak seperti Kampung Susun yang telah diresmikan sebelumnya. Kata dia, Kampung Susun Kunir nanti akan ditempati 33 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban penggusuran.

Gubernur Anies Baswedan a

"Memastikan bahwa kelangsungan hidup terjaga, masa depan anak-anaknya tetap bisa diamankan. Itulah sebabnya proses pembangunan kampung-kampung yang semula warganya tergusur kita lakukan di beberapa waktu ini bahwa Jakarta harus memberikan solusi perumahan bagi mereka," jelasnya.

"Bukan sekedar mengeksekusi rencana pemerintah, tapi memastikan bahwa warga bisa hidup layak. Karena bila kita mengalami hal yang sama, pasti kita ingin pemerintah mengurusi waeganya dengan baik. Ketika ada peristwa seperti ini jangan anggap itu seperti peristiwa orang lain. Anggap itu diri kita sendiri, keluarga kita sendiri dan itu yang kemarin diterapkan di sini," ujarnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan telah meresmikan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung yang berada di RW 05 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Ia menyampaikan, kampung susun ini akan ditempati 75 keluarga dari Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Diketahui, kampung ini tahun 2016 lalu pernah digusur oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Sebuah janji, alhamdulillah hari ini mulai kita lunasi dan tunaikan sebaik-baiknya. Kita semua bersyukur, persis lima tahun satu bulan dari peristiwa akhir September 2016," ujar Anies Baswedan, Kamis (7/10/2021) lalu.

"Kota (Jakarta) ini milik semua, bukan hanya yang memiliki uang. Siapa saja warga Jakarta berhak punya tempat tinggal yang layak. Harus. Tapi dikerjakan dengan cara yang benar," ujarnya.

Pada Selasa (17/8/2021) lalu, Anies Baswedan juga meresmikan Kampung Susun Akuarium di bekas lokasi gusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Gubernur Anies Baswedan b

Anies mengatakan, pembangunan Kampung Susun Akuarium sebagai upaya untuk mewujudkan rasa keadilan dalam bidang permukiman warga.

Kampung Susun Akuarium merupakan ikhtiar untuk melunasi janji kampanyenya yang juga janji kemerdekaan yang disepakati pendiri bangsa sekaligus mewujudkan sila kelima Pancasila.

Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan program strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal peningkatan kualitas kawasan permukiman dan masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta memenuhi rasa keadilan dalam bermukim.

"Memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau. Sehingga, Jakarta tidak hanya maju kotanya, tapi juga bahagia warganya," ujarnya.

Diketahui, sebelum dibangun kembali oleh Anies Baswedan, Kampung Susun Akuarium ini sempat digusur pada juga oleh Ahok.

Kampung ini dulu bernama Kampung Akuarium digusur tanggal 11 April 2016. Penggusuran dilakukan karena Ahok ingin membangun sheetpile di tempat berdirinya bangunan warga di samping Museum Bahari dan Pasar Ikan. Tanggul juga harus dibangun untuk mencegah air laut masuk.

Ahok juga berencana merestorasi benteng peninggalan zaman Belanda yang ditemukan tenggelam di dekat permukiman warga Kampung Akuarium. Benteng tersebut ditemukan dalam proses pengurukan seusai penertiban.

Warga Kampung Akuarium sempat meminta pembangunan kampung susun di daerah tersebut. Namun kata Ahok, lahan itu merupakan milik badan usaha DKI Jakarta, yaitu Perumda Pasar Jaya.

Sebelum menjadi sebuah kampung Susun, ada pasar yang berdiri di tanah itu. Dan kini, kampung tersebut kembali dibangun oleh Gubernur Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES