Peristiwa Daerah

Desa Selabaya Juara Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo Tingkat Kabupaten Purbalingga

Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:05 | 33.36k
Bupati Tiwi serahkan piala penghargaan kepada para pemenang lomba Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Tiwi serahkan piala penghargaan kepada para pemenang lomba Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGADesa Selabaya Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah ditetapkan sebagai juara pertama Pemilihan Posko Desa Tanggap Covid-19 dan Satgas Jogo Tonggo Terbaik tingkat Kabupaten Purbalingga.

Atas prestasi itu, Pemkab Purbalingga melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) memberikan apresiasi hadiah berupa Piala dan Uang pembinaan.

Penyerahan hadiah dan penghargaan dilakukan bersamaan dengan acara penutupan TMMD Sengkuyung tahap III di Pendapa Dipokusumo, Kamis (14/10/2021).

Sebagai terbaik pertama, Desa Selabaya mendapat hadiah uang pembinaan Rp2,5 juta, Terbaik kedua Desa Pangempon Kecamatan Kejobong Rp2 juta, Terbaik III Desa Makam Kecamatan Rembang Rp1.750.000.

Sedangkan juara harapan satu sampai dengan tiga adalah Desa Karangcengis (Bukateja) Rp1.500.000, Karangklesem (Kutasari) Rp1.250.000 dan Pagerandong (Mrebet) Rp1 juta.

Selain itu, pada saat yang sama juga diserahkan penghargaan lomba Evaluasi Perkembangan Desa tingkat Kabupaten Purbalingga 2021.

Juara I diraih Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan Rp11,5 juta. Kemudian juara II Desa Karangasem Kecamatan Kertanegara Rp9 juta dan Desa Karangjengkol Kecamatan Kutasari sebagai juara III mendapat piala, piagam dan uang pembinaan Rp7 juta

Usai menyerahkan penghargaan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Satgas tingkat kabupaten menyampaikan selamat kepada desa-desa yang menjadi terbaik.

Meski bukan juara yang dicari, namun berkat kebersamaan dan kesadaran masyarakat terhadap penanganan Covid-19, maka saat ini kasus Covid di kabupaten Purbalingga sudah menjadi semakin baik.

“Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para kader di wilayah yang telah bekerja keras dan bersinergi menangani pandemi ini. Kita masih belum pulih. Masih dibutuhkan kewaspadaan agar pandemi Covid-19 benar-benar selesai,” katanya.

Bupati juga mengingatkan para kepala desa dan seluruh stakeholder untuk terus bekerja berdisiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan masyarakat.

Bupati juga meminta kepala desa beserta jajaranya untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi sehingga segera dicapai kondisi herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Covid-19.

Usai menerima penghargaan, Juara Posko Covid-19 dan Jogo Tonggo Tingkat Kabupaten Purbalingga, Kades Kades Salabaya, Sutarman menyampaikan terima kasih atas penobatan desanya.

Selama pandemi Covid-19 kata Sutarman, khususnya sejak 22 Juni hingga 26 Agustus total kasus konfirmasi Covid-19 di Desa Selabaya sebanyak 160 orang.

Rinciannya, 2 orang dirawat, 8 orang isolasi mandiri dan 7 orang meninggal dunia. Dari total konfirmasi ada sebanyak 143 orang yang lulus karantina. Selain posko desa, dari 7 RW yang ada seluruhnya memiliki satgas jogo tonggo.

Pemdes juga mendukung pengalokasian 8% anggaran Dana Desa untuk penanganan Covid-19 sekitar Rp76,9 juta. Pemanfaatanya antara lain untuk penyediaan APD, bantuan sembako kepada warga yang isoman, penyemprotan desinfektan dan operasional lainnya.

"Kami sangat terbantu oleh tim relawan Selabaya yang selama ini siaga. Juga ikut mengurus warga yang isoman, Termasuk mengawasi warga yang hajatan," kata Sutarman, Kepala Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES