Pemerintahan

Transportasi Terintegrasi, Inovasi Anies Baswedan yang Sulit Dibayangkan

Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:07 | 24.25k
Transportasi Terintegrasi, Inovasi Anies Baswedan yang Sulit Dibayangkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Pemrov DKI Jakarta)
Pewarta: | Editor: Ronny Wicaksono

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tingginya mobilisasi para pengguna jasa transportasi umum di DKI Jakarta, mengharuskan sebagian besar warga untuk berpindah dari satu moda ke moda transportasi umum lainnya. Kenyataan ini rupanya dipahami betul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam menata moda transportasi umum yang terintegrasi di Ibu Kota.

Selain Transjakarta, sejumlah moda transportasi umum untuk memobilisasi penumpang di masa depan juga telah diresmikan, seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta, bahkan kereta bandara yang menghubungkan stasiun ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat bersama pemangku kepentingan lainnya, seperti BUMD, BUMN, dan swasta, terus berupaya mewujudkan sistem transportasi yang terintegrasi yang efektif, nyaman dan aman.

Integrasi antarmoda itu dimulai dari penataan infrastruktur di sejumlah kawasan stasiun kereta commuterline, halte busway yang dibuat nyaman serta ramah kaum disabilitas, revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) hingga pembangunan jembatan penyeberangan multiguna (JPM). Penataan trotoar juga mejadi bagian proyek ini.

Perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), yakni PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), ditugaskan untuk melakukan penataan sejumlah stasiun yang dibagi dalam dua tahap.

Penataan tahap pertama dilakukan di Stasiun Juanda, Pasar Senen, Tanah Abang, dan Sudirman, yang diresmikan pada 17 Juni 2020, sedangkan pada tahap dua, dilakukan di Stasiun Tebet, Palmerah, Gondangdia, Manggarai, dan Jakarta Kota.

Penataan dua stasiun di antaranya, Stasiun Tebet dan Stasiun Palmerah telah rampung dikerjakan. Sedangkan di Stasiun Manggarai baru mencapai 95 persen dan Stasiun Gondangdia mencapai 69 persen. Penataan kedua stasiun tersebut ditargetkan dapat rampung tahun ini, sedangkan penataan di Stasiun Jakarta Kota selesai pada 2022.

Selain penataan stasiun, PT MITJ juga ditugaskan melakukan pembangunan JPM dan revitalisasi Stasiun Sudirman. JPM yang nantinya menjadi tempat bertemunya pengguna dari berbagai moda transportasi ini ditargetkan dapat beroperasi pada Juni 2022, bersamaan dengan rencana beroperasinya LRT Jabodebek.

Sementara, PT MRT Jakarta ditugaskan melakukan pembangunan Simpang Temu atau Transport Hub Dukuh Atas yang berlokasi di lahan bekas Pasar Blora, Menteng, Jakarta Pusat. Peresmiannya sudah dilakukam Gubernur Anies pada Rabu, 13 Oktober 2021.

PT MRT Jakarta dalam menjalankan proyek pebangunan ini berkolaborasi dengan Perumda Pasar Jaya, PT Pembangunan (Persero) dan para pemangku kepentingan laim. Seperti dilansir dari ppid.jakarta.go.id, Simpang Temu merupakan simbol dari tempat bertemunya banyak moda transportasi.

"Pembangunan kawasan ini diharapkan bisa mencerminkan orientasi masa depan, yang diharapkan menjadi pemicu regenerasi perkotaan, sehingga Jakarta sejajar dengan kota-kota besar lain di dunia dan sebagai perwujudan dari liveable city. Titik ini di kawasan Dukuh Atas menjadi kawasan pertama, di mana kita lakukan pembangunan dengan konsep berorientasi transit," ujar Anies saat peresmian.

Desain Simpang Temu Dukuh Atas yang pembangunannya ditargetka rampung April 2023 ini merupakan hasil dari sayembara di mana karya tersebut berorientasi pada pejalan kaki, pengguna sepeda, serta ruang terbuka publik yang dapat digunakan masyarakat beraktivitas.

Simpang Temu Dukuh Atas akan dibangun di atas tanah seluas 3.129 meter persegi berdasarkan sertifikat lahan, yang akan digunakan untuk pembangunan sekitar 2.445 meter persegi pada lahan Perumda Pasar Jaya. Kemudian, PT MRT Jakarta akan melakukan skema sewa lahan.

Gubernur Anies berharap pembangunan ini bisa menjadi momentum perubahan sistem transportasi Jakarta, dari Car Oriented menjadi Public Transport Oriented. Sehingga, warga Jakarta memiliki kemudahan mengakses transportasi publik baik segi fasilitas maupun biaya.
 
Sistem Ticketing

Selain penataan infrastruktur, sistem transportasi terintegrasi juga melakukan penataan pada sistem pembayaran atau "ticketing".  Kolaborasi perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yakni, PT MRT Jakarta, PT Transjakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dan PT MITJ, membentuk perusahaan patungan di bidang sistem pembayaran, yakni PT JakLingko Indonesia.

PT JakLingko Indonesia, telah mencanangkan dimulainya fase pertama integrasi antarmoda di ibu kota melalui kartu (smart card) dan aplikasi (super apps) pada 29 September 2021, bersamaan dengan peresmian penataan kawasan Stasiun Tebet.

JakLingko terus melakukan perluasan uji coba di seluruh stasiun dan halte transportasi antarmoda, yakni kereta Commuterline, TransJakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan kereta bandara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjanjikan sistem integrasi transportasi di bawah jaringan PT JakLingko Indonesia ini memberikan tarif yang berkeadilan bagi warga di Ibu Kota.

"Sistem 'super apps' dan 'ticketing' ini bukan hanya lebih nyaman, tapi juga lebih berkeadilan, karena jika sudah selesai, akan memberikan harga berbeda dengan penumpang yang berbeda," kata Anies saat peresmian penataan Stasiun Tebet di Jakarta Selatan, Rabu, 29 September 2021.

Sedangan fase kedua, pengguna jasa transportasi akan diterapkan tarif terintegrasi antarmoda yang lebih terjangkau. Pada tahap ini pula, JakLingko menggandeng sejumlah perusahaan untuk membangun ekosistem transportasi umum seperti ojek dan taksi daring serta sektor pariwisata hingga kuliner.

Apresiasi Terhadap Inovasi Gubernur Anies

Inovasi Gubernur Anies dalam menata sektor mode transportasi umum di Jakarta mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk DPR RI. Menurut Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati, penataan transportasi terintegrasi ini bakal berdampak langsung dalam beragam aspek termasuk perekonomian.

Terlebih, kata dia, inovasi ini telah mengantarkan kota Jakarta sebagai periah penghargaan peringkat 1 Sustainable Tranportation Award (STA) 2021. Penghargaan ini sekaligus menjadikan Jakarta sebagai kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan STA.

"Penghargaan ini merupakan buah dari kerja keras Pemprov DKI Jakarta dalam membenahi transportasi di Jakarta dalam beberapa tahun terakhir, khususnya program integrasi antarmoda transportasi publik," ucap Kurniasih dikutip dari Republika, Kamis, 14 Oktober 2021.

Penghargaan STA 2021 ini sekaligus menjadi bukti bahwa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berhasil mengintegrasikan berbagai moda transportasi umum, terutama dalam integrasi pembayaran maupun konektivitas antarmoda yang sebelumnya sulit dibayangkan. Inovasi ini sangat membatu pengguna transportasi publik, bahkan juga meringankan dari sisi biaya. (*)



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Kutuk Penyerangan Bus, Arema FC Serahkan pada Proses Hukum
    Kutuk Penyerangan Bus, Arema FC Serahkan pada Proses Hukum
    21/10/2021 - 09:00
  • Bersama Peduli Sesama, untuk Kota Batu Berjaya
    Bersama Peduli Sesama, untuk Kota Batu Berjaya
    21/10/2021 - 08:32
  • Bupati Kepulauan Sula Menerima Penghargaan Award Dari DPP KNPI
    Bupati Kepulauan Sula Menerima Penghargaan Award Dari DPP KNPI
    21/10/2021 - 07:54
  • Apple Rilis MacBook Pro 2021, Varian Harga Tertinggi Capai Rp45 Juta
    Apple Rilis MacBook Pro 2021, Varian Harga Tertinggi Capai Rp45 Juta
    21/10/2021 - 07:37
  • Jadi Tuan Rumah Liga 3, Persewangi Banyuwangi Lebih Diunggulkan
    Jadi Tuan Rumah Liga 3, Persewangi Banyuwangi Lebih Diunggulkan
    21/10/2021 - 07:25

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Bersama Peduli Sesama, untuk Kota Batu Berjaya
    Bersama Peduli Sesama, untuk Kota Batu Berjaya
    21/10/2021 - 08:32
  • Kemal Attaturk Tidak Sebanding Soekarno
    Kemal Attaturk Tidak Sebanding Soekarno
    21/10/2021 - 06:21
  • LEMI Hadir untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia dI Tengah Pandemi
    LEMI Hadir untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia dI Tengah Pandemi
    21/10/2021 - 04:14
  • Muktamar NU yang Diharapkan
    Muktamar NU yang Diharapkan
    20/10/2021 - 12:56
  • Pentingkah Menumbuhkan Budaya Literasi di Negeri Ini?
    Pentingkah Menumbuhkan Budaya Literasi di Negeri Ini?
    20/10/2021 - 11:40
  • Urgensi PPHN versus Hoax Amandemen
    Urgensi PPHN versus Hoax Amandemen
    20/10/2021 - 10:10
  • Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    Mom's World, Perempuan Digital Masa Kini
    19/10/2021 - 15:48
  • Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    Musda KAHMI Banyuwangi Mau Dibawa Kemana?
    19/10/2021 - 13:30

KULINER

  • Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    Pertama di Gresik, Bakso Lava di Atas Hot Plate
    19/10/2021 - 14:01
  • Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    Makan Malam Bak Artis Drakor di JW Marriott Surabaya
    18/10/2021 - 10:09
  • Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    Indomie Penyet Dinoyo Surabaya, Satu Hari Habiskan 5 Dus Indomie
    18/10/2021 - 05:28
  • Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    Cerita Nasgor Robot di Malang: Berawal Karena Lengan Penjual Patah Muncul Inovasi
    17/10/2021 - 11:53
  • De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    De Bamboo, Café dengan Pemandangan Eksotik Kota Batu
    17/10/2021 - 04:20