Peristiwa Daerah

Menparekraf RI Apresiasi Aplikasi Mbak Dewi, Hasil Kolaborasi Abdimas UAJY dan UKRIM

Rabu, 13 Oktober 2021 - 16:16 | 23.59k
Menparekraf RI, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah di Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo dalam sekaligus mengapresiasi aplikasi Mbak Dewi.
Menparekraf RI, Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Tinalah di Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo dalam sekaligus mengapresiasi aplikasi Mbak Dewi.

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf RI), Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tinalah, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penilaian 50 besar Desa Wisata ‘Indonesia Bangkit’ Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Wisata Tinalah masuk dalam daftar 50 besar Desa Wisata ‘Indonesia Bangkit’ ADWI 2021.

Dalam acara ini, Sandiaga Uno juga meresmikan aplikasi Mbak Dewi. Pihaknya pun menyambut baik dan mengapresiasi aplikasi Mbak Dewi.

"Wah, ini aplikasi Mbak Dewi aplikasi yang berbasis AI ya? Bagus, ini saya sudah dengar tentang ini. Saya resmikan dengan tanda tangan. Selamat dan sukses buat Dewi Tinalah," ucap Sandiaga dalam siaran pers, Rabu (13/10/2021).

Aplikasi Mbak Dewi ini merupakan produk kolaborasi pengurus Desa Wisata Tinalah dengan Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dengan Universitas Kristen Immanuel (UKRIM). Tim ini diketuai oleh Dr Desideria Cempaka Wijaya Murti MA sebagai ahli di Bidang Komunikasi Pariwisata UAJY.

Anggota terdiri dari Dr Victoria Sundari Handoko M Si ahli di Bidang Sosiologi Pariwisata UAJY dan Antonius Bima Murti Wijaya MT ahli di bidang IT UKRIM. Digitalisasi desa wisata menjadi salah satu terobosan yang mampu membangkitkan pariwisata yang terpuruk selama pandemi Covid-19, sekaligus mendukung upaya pariwisata berkelanjutan.

Melihat peluang tersebut, tim abdimas UAJY dengan UKRIM ini mengembangkan digitalisasi kelas alam dengan teknologi kecerdasan buatan di Desa Wisata Tinalah.

"Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam hal ini UAJY dan UKRIM untuk bekerjasama dengan Desa Wisata (Dewi) khususnya di Dewi Tinalah dalam pengembangan kelas alam berbasis digital diperlukan untuk pengembangan wisata pada saat pandemi Covid-19," kata Victoria.

Menparekraf-2.jpg

Aplikasi Mbak Dewi menjadi pioneer aplikasi desa wisata yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan di seluruh Indonesia. Teknologi kecerdasan buatan ini menciptakan fasilitas interaksi baru bagi wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Tinalah.

Aplikasi ini akan menjadi media pembelajaran alam yang aman bagi wisatawan dengan interaksi yang berjarak antar wisatawan. Teknologi kecerdasan buatan yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu teknologi image recognition.

Melalui teknologi ini, peserta kelas alam dapat melakukan foto pada benda alam dan secara otomatis informasi mengenai benda alam yang difoto akan muncul pada aplikasi Dewi Tinalah. Teknologi akan membaca data foto benda alam (batu, burung, atau flora) tersebut, dan mengintegrasikan informasinya dengan aplikasi yang telah dibuat.

"Pengembangan strategis digitalisasi pariwisata dapat dilakukan dengan melibatkan teknologi kecerdasan buatan yakni image recognition. Teknologi ini memiliki potensi untuk dieksplorasi terutama untuk mendukung program pariwisata yang berkelanjutan dan modern di era industri 4.0," ujar Antonius Bima.

Aplikasi Mbak Dewi dapat menghadirkan atraksi wisata baru di Desa Wisata Tinalah. Wisatawan dapat merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan sekaligus dapat belajar mengenai potensi alam dan kearifan lokal yang ada di Desa Wisata Tinalah.

"Desa wisata yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi akan menunjang inovasi. Aplikasi kelas alam Mbak Dewi ini justru didesain untuk membuat interaksi dengan warga lokal semakin fun karena ada games dan diintegrasikan dengan outbound," jelas Dr. Desideria menambahkan.

Aplikasi Mbak Dewi ini diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat Desa Wisata Tinalah. Dengan hadirnya aplikasi Mbak Dewi ini, jumlah wisatawan diharapkan dapat meningkat, sehingga menambah pendapatan masyarakat Desa Wisata Tinalah.

Selain itu, aplikasi Mbak Dewi ini juga diharapkan dapat mendukung kegiatan belajar anak-anak di Desa Wisata Tinalah.

"Belajar bersama melalui teknologi untuk menemukan dan mengenali keunikan alam melalui brand image 'Mbak Dewi' dapat menjadi sumber inovasi bersama untuk kesejahteraan penduduk desa," tutup Galuh Fahmi, Pokdarwis Dewi Tinalah terkait aplikasi yang diapresiasi Menparekraf RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES