Peristiwa Daerah

136 Tim Robot Siap Bertanding di KRI 2021 Tingkat Nasional, Ini detailnya

Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:14 | 36.36k
Gelaran KRI 2021 tingkat Nasional secara resmi dibuka di GSP UGM (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)
Gelaran KRI 2021 tingkat Nasional secara resmi dibuka di GSP UGM (FOTO: Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sebanyak 136 tim robot dari 59 perguruan tinggi akan segera bertanding mulai 15 hingga 16 Oktober 2021. Ajang ini memperebutkan gelar juara tingkat Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI 2021), dengan UGM sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya secara daring, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemendibudristek), Asep Sukmayadi, S.IP M.Si mengatakan KRI merupakan salah satu ajang prestasi diantara 18 ajang prestasi Dirjen Dikti yang diselenggarakan Puspresnas. Hanya saja sejak pandemi, seluruh kegiatan kontes maupun fesitval diadakan secara daring.

"KRI dilaksanakan secara bertahap mulai ditingkat wilayah yaitu wilayah I dan wilayah II yang telah berlangsung pada 22 September hingga 1 Oktober 2021. Lalu tim terbaik di tiap divisi dari tingkat wilayah diundang untuk kembali bersaing dalam laga final di KRI Nasional 2021," ujarnya saat membuka KRI tingkat Nasional 2021 di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (14/10/2021)

Sekjen Kemendikbudristek RI, Ir. Suharti, M.A Ph.D yang juga hadir secara daring menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh finalis KRI 2021. Para finalis ini merupakan tim-tim terbaik yang telah bertanding di tingkat wilayah masing-masing.

Ia juga turut menyampaikan terkait kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan mendorong mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja. Namun menjadi individu kreatif, inovatif, berdaya saing, dan mampu bekerjasama serta berkarakter kuat.

“Selamat berlomba dan bisa menampilkan karya terbaik,”ucapnya

Sementara Wakil Akademik Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr mengatakan bahwa pada bulan Septermber 2021 lalu telah berlangsung seleksi KRI tingkat wilayah. Saat ini terdapat 136 tim yang lolos ke tahap nasional.

"Sebanyak 136 tim tersebut terdiri dari 30 tim KRSBI Humanoid, 22 tim KRSBI beroda, 18 tim KRSTI, 42 tim KRSRI, dan 24 tim KRTMI," tuturnya

Djagal menyampaikan kebanggan bagi UGM yang telah dipercaya menjadi tuan rumah KRI pada tahun ini. Sejak seleksi tahap wilayah hingga nasional, pihaknya merasa berbagngga melihat usaha dan kerja keras para mahasiswa dalam memajukan IPTEK khususnya dalam bidang robotika.

KRI 2021 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Dalam penyelenggaraan kali ini UGM dipercaya menjadi tuan rumah KRI tingkat wilayah dan nasional. Karena dilaksanakan di tengah pandemi, kompetisi diadakan secara daring oleh tim peserta di kampus masing-masing dan luring oleh juri dan panitia di GSP UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES