Pemerintahan

Wujudkan Kesetaraan Gender, Kabupaten Ciamis Raih Penghargaan APE 2020

Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:17 | 30.25k
Ciamis raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan Kategori Madya (Pengembang). (foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Ciamis raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan Kategori Madya (Pengembang). (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMISKabupaten Ciamis raih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya atau APE 2020 dengan Kategori Madya (Pengembang). Penghargaan tersebut terkait terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender di Tatar Galuh Ciamis.

Penghargaan tersebut pemberian dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

"Ini (penghargaan) merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). Kami juga sangat mengapresiasi Kementerian PPPA dalam menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya 2021," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Kamis (14/10/2021).

Ciamis raih BBupati Ciamis, Herdiat Sunarya (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

Bupati Ciamis juga tak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi, bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Khususnya, dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Tatar Galuh Ciamis.

"Kesetaraan gender, bukanlah persaingan antara dua lawan jenis. Laki-laki dan perempuan. Namun, keduanya dapat memiliki aksesibilitas yang sama terhadap sumber daya, serta mampu berpartisipasi sekaligus terlibat penuh dalam proses pembangunan tanpa pembatasan. Sehingga, kesetaraan gender di masyarakat menjadi lebih baik dan terhindar dari bentuk kekerasan apapun," paparnya.

Rupanya, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen. Khususnya, itu dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Ciamis raih CCiamis saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dengan Kategori Madya (Pengembang) (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

Penghargaan tersebut juga sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Khususnya, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

PUG juga merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES