Indonesia Positif

Dosen STIKI Malang Dorong Guru BK Kembangkan Blog Agar Konsultasi Efektif

Rabu, 13 Oktober 2021 - 14:28 | 14.02k

TIMESINDONESIA, MALANG – Menghadapi pandemi yang tidak kunjung berakhir, memang tidak mudah dihadapi oleh banyak orang bahkan para siswa sekolah pun tak luput dari problem yang terjadi saat pandemi. Untuk itulah, dosen STIKI Malang, Meivi Kartikasari S.Kom, M.T, dosen STIKI Malang mendorong para guru bimbingan konseling melalui acara ABKIN yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurut Meivi, di kondisi pandemi seperti ini para guru BK memang sangat memerlukan platform khusus yang aman, efisien dan juga bisa di jangkau oleh siswa kapan saja.

"Saya berkaca dari anak-anak saya sendiri, pandemi mau konsultasi masalah jurusan misalnya itu sangat sulit. Mua bertemu di sekolah tidak selalu ke sekolah, mau WA gurunya harus cari waktu dulu juga," jelasnya.

Untuk itu dosen ini memberikan para guru dalam acara ABKIN ini kesempatan untuk bisa lebih jauh memahami kinerja blog untuk dipergunakan dalam dunia konseling remaja. Menurutnya, blog saja sudah sangat fungsional dan bisa efektif dimanfaatkan oleh para guru BK untuk menangani berbagai kasus siswa.

"Realtime, siswa tidak harus menunda untuk berkeluh kesah di blog itu. Selain itu privacy siswa juga terjaga karena bisa langsung direct konsultasi pada gurunya," imbuhnya.

Meskipun demikian, aplikasi ini masih banyak kekurangan karena memang tidak ditujukan untuk keperluan konsultasi online. Namun jika darurat, opsi ini bisa di pilih sebagai jalan cepat.

"Kedepan kami dosen STIKI Malang juga ingin mengembangan aplikasi khusus yang gratis agar bisa di pergunakan oleh para siswa berkonsultasi. Semoga tahun depan bisa terealisasi," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES