Peristiwa Daerah

Ini Sosok Ketum PBNU yang Diharapkan Pesantren Mambaul Ma'arif Jombang

Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:37 | 61.92k
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, KH Abdussalam Sohib (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, KH Abdussalam Sohib (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Bursa pencalonan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menjadi perbincangan yang hangat menjelang Muktamar NU ke-34 yang rencana dilaksanakan di Lampung pada 23-25 Desember 2021 mendatang.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, KH Abdussalam Sohib berharap sosok pemimpin PBNU nanti bisa menjawab tantangan NU di era 5.0 atau bisa mengikuti perkembangan zaman.

"Muktamar ini acaranya PBNU. Namun tujuan dan harapan kami NU secara organisasi, secara kinerja lebih produktif, lebih cepat, dan akselerasi nya juga lebih cepat untuk mengimbangi perkembangan zaman," katanya, kepada TIMES Indonesia, Kamis (14/10/2021).

Disinggung mengenai kepemimpinan KH Said Aqiel Siradj saat ini, menurut Kiai akrab disapa Gus Salam ini mengungkapkan bahwa sosok KH Said Aqiel dalam memimpin NU selama ini cukup baik.

Secara pribadi Gus Salam mengatakan jika sosok KH Said Aqiel merupakan sosok yang mempunyai intelektual yang luar biasa dalam memperjuangkan keaswajaan.

Kendati demikian, Gus Salam yang  merupakan Wakil ketua PWNU Jawa Timur menampik mengenai siapa nama yang akan diusung dalam gelaran Muktamar NU nanti.

"PWNU Jatim menunggu keputusan dari para produktif maupun Syuriah. Memang sudah adat Jawa Timur seperti itu," ujar Gus Salam.

Gus Salam menjelaskan mengenai mekanismenya. Saat ini para Masyarikh maupun Syuriah masih melakukan konsolidasi. Namun, pihaknya memastikan jika Jatim akan berangkat satu barisan.

“Kami tunggu Masyarikh dan Syuriah di PWNU dulu, nanti akan kami terjemahkan, kami akan berangkat ke Muktamar satu kalimat satu barisan satu tujuan, kita konsolidasikan dengan Pengurus Cabang siapa yang akan kita perjuangkan,” tandanya.

Sebagai informasi, Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang merupakan salah satu empat dari Ponpes terbesar di Jombang. Salah satu pendirinya merupakan KH Bishri Syansuri salah satu tokoh dalam pendirian NU bersama KH Hasyim Asyari Ponpes Tebuireng dan KH Abdul Wahab Chasbullah Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES