Gaya Hidup

Begini yang Perlu Dipahami dalam Menggunakan Jasa Desain Interior Apartemen

Rabu, 13 Oktober 2021 - 08:39 | 131.86k
Tata Ruang Apartemen (Foto:dokoruma)
Tata Ruang Apartemen (Foto:dokoruma)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Ketika membeli hunian pertama, terkadang pemilik kebingungan dalam merencanakan dan merancang desain interior hunian baik secara mandiri maupun dengan menggunakan jasa desainer interior.

Bahkan, meskipun punya selera yang bagus, merancang hunian tanpa bantuan bisa jadi pekerjaan yang tidak mudah. Terlebih lagi bila hunian yang kita beli adalah apartemen yang saat ini sebagai pilihan generasi muda yang kian melonjak dalam 5 tahun terakhir. Lokasi strategis, akses transportasi yang memadai, dan fasilitas apartemen yang lengkap menjadi beberapa alasan utama.

Merancang interior apartemen sendiri bisa dikatakan butuh perhatian ekstra dibandingkan rumah tapak. Berukuran rata-rata lebih kecil dari rumah tapak, tata ruang, pemilihan warna, furnitur, dan aspek-aspek desain lain butuh direncanakan dengan matang.

Jangan sampai desain interior apartemen jadi terasa sempit, terbatas ruang geraknya, tidak tersedia ruang tinggal yang nyaman, minus ruang penyimpanan, dan kurang indah secara estetika.

Apalagi untuk hunian pertama yang setidaknya akan ditinggali minimal lima sampai sepuluh tahun ke depan tentu minimal harus memuaskan bagi pemiliknya.

Maka dari itu penting untuk mempekerjakan jasa profesional selama tersedia budgetnya.

Sebagai profesional, konsultan dan desainer interior pasti memiliki pengetahuan dan perspektif yang lebih luas dan tajam terhadap desain. Anda juga bisa menghemat waktu, tenaga, dan mungkin uang pada akhirnya.

Menjawab semua itu, Dekoruma kini hadir dalam jasa desain interor yang bonafide dan professional yang wajib dipertimbangkan dalam mendesain apartemen.

Berikut merupakan hal yang wajib kita pertimbangkan dalam menentukan memilih jasa desain interior diantaranya:

Membuka Kesempatan Konsultasi. Seringkali Bebas Biaya

Bagi orang awam, keengganan mempekerjakan desainer interior karena anggapan adanya biaya sejak konsultasi. Padahal, banyak perusahaan interior design yang berkualitas dan terpercaya memberikan konsultasi gratis. Maka dari itu, Anda bisa mengkonsultasikan visi Anda terhadap apartemen tanpa biaya sama sekali.

Bahkan, beberapa firma juga memberikan rincian biaya atau quotation biaya pembangunan setelah konsultasi. Juga tanpa dipungut biaya sama sekali. Dengan menjamurnya jasa desainer interior, banyak perusahaan yang berusaha menggaet pelanggan dengan menawarkan servis seperti ini.

Ini menguntungkan buat Anda sebagai calon klien. Berarti, Anda bisa menghimpun sejumlah konsep dan rancangan desain dari beberapa perusahaan jasa desain interior apartemen. Jadi, Anda bisa membandingkan rancangan dan harga yang ditawarkan.

Berpotensi Mengurangi Biaya Karena Koneksi Vendor

Banyak orang yang beranggapan bahwa mempekerjakan desainer interior akan memakan biaya lebih banyak. Padahal, mayoritas skenarionya tidak demikian. Pertama, biaya jasa akan sepadan dengan penghematan waktu dan energi Anda yang tidak selalu bisa mengawasi jalannya pembangunan nanti.

Selain itu, perusahaan interior design yang bonafide pasti sudah memiliki banyak vendor langganan, bahkan workshop sendiri. Biaya-biaya seperti pembuatan furnitur, pemasangan, dan lain-lain inilah yang bisa dihemat dalam penawaran harga.

Rincian Biaya Jelas, Transparan, dan Tidak Digelembungkan

Lebih lanjut, penawaran harga yang diberikan perusahaan jasa desain interior yang terpercaya pasti akan jelas dan transparan. Risiko untuk harga-harga di-markup atau dikorupsi pada saat pembangunan akan kecil sekali. Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut terpercaya, caranya adalah melihat rincian penawaran harganya.

Apabila sangat detail dengan rincian jenis pekerjaan yang dilakukan, daftar jasa yang dibayarkan, jumlah meter persegi yang terhitung, sampai jenis-jenis furnitur yang akan digunakan, kemungkinan besar perusahaan tersebut terpercaya.

Selain itu, perusahaan yang profesional tidak akan meminta uang muka dalam jumlah besar di awal. Rentangnya 20-50 persen sebagai tanda jadi dan sisanya dibayarkan setelah semua pekerjaan selesai. Cermati baik-baik, ya.

Kerja Cepat, Rapi, Terstruktur, dan Tepat Waktu

Sebagai profesional yang mungkin sudah mengerjakan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan proyek, kualitas pekerjaan dari perusahaan jasa desain interior apartemen sudah tidak perlu diragukan lagi. Bersamaan dengan penawaran harga, konsultan juga akan memberikan periode kerja atau timeline.

Anda yang menentukan tanggal berapa pekerjaan ingin rampung dengan berdiskusi dengan konsultan. Bila perusahaan memiliki sistem yang terkoordinasi dan pekerja yang cekatan, jarang sekali perusahaan akan melewati tenggat waktu dari timeline pekerjaan.

Hasil pembangunan pun akan memuaskan. Kualitasnya mumpuni dan tidak gampang rusak termakan usia. Pengerjaan pun tidak melenceng encana desain yang sudah Anda setujui di awal.

Menggantikan Anda Sebagai Pengawas Proses Pembangunan

Bukan hanya pekerjaan yang tepat waktu, rapi, dan berkualitas, hadirnya mandor atau pengawas dari pihak jasa desain interior juga sangat membantu Anda sebagai pemilik. Dengan kesibukan yang tidak memungkinkan untuk mengawasi setiap hari, hadirnya pengawas di lapangan akan menghemat waktu dan tenaga Anda.

Di hari biasa, informasi perkembangan pembangunan bisa didapat melalui pesan singkat. Kemudian, sesekali menengok saat akhir pekan atau libur kerja. Dengan begitu, Anda bisa “terima beres” sambil tetap mengontrol dan mengawasi.

Harga Jual Apartemen Berpotensi Lebih Tinggi

Pembangunan sudah selesai dan Anda, pasangan, atau keluarga sudah bisa tinggal di apartemen. Suasananya pasti akan menyenangkan karena hasil yang berkualitas dan kepuasan pemilik hunian. Lalu, ketika berencana menjual apartemen tersebut, harga jualnya hampir pasti akan jauh lebih tinggi.

Lebih tinggi daripada harga beli dan lebih tinggi dari apartemen dengan unit dan ukuran yang sama tanpa menggunakan jasa desain interior apartemen profesional. Dengan begitu, biaya pembangunan interior bisa tertutup dan Anda punya modal untuk membeli apartemen atau rumah tapak yang lebih mahal.

Selama perusahaan dan desainer interior yang dipekerjakan terbukti reputasinya, tentu kita tidak akan merasa was-was serta banyak manfaatnya sehingga kita tinggal terima beres dan bisa tinggal di apartemen impian bersama orang-orang tersayang.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES