Peristiwa Daerah

Sukses di MWC NU, Gus Syafaat Siap Maju sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang

Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:00 | 169.86k
Gus Syafaat Muhammad. (FOTO: Dok Pribadi for TIMES Indonesia)
Gus Syafaat Muhammad. (FOTO: Dok Pribadi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sosok Kiai Syafaat Muhammad dinilai sukses memimpin MWC NU Turen, Kabupaten Malang. Itulah salah satu dasar dari berbagai pihak melabuhkan dorongan dan dukungan kepada Gus Syafaat sebagai Calon Ketua PCNU Kabupaten Malang.

Gus Syafaat merupakan pengasuh pesantren Manabiul Huda, Turen, Malang, Jawa Timur. Ia putra ketiga dari pasangan KH. Ma'shum Mukhtar dan Nyai Khodijah Yahya (Putri KH. Yahya Gading Pesantren Malang Kota).

Saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Rabu (13/10/2021), Gus Syafaat meluruskan kronologi mengapa namanya semakin menguat di permukaan publik sebagai Calon Ketua PCNU Kabupaten Malang.

"Pada dasarnya saya sami'na waato'na kepada kiai. Meskipun dalam diri saya tidak ada niatan untuk ke sana (maju Ketua PCNU) karena ini dawuh ya bismillah. Itu yang mendasari saya ikut," tuturnya.

Selama ini, lanjut Gus Syafaat, dirinya sama sekali tidak melakukan langkah konkret dengan mencari dukungan ke berbagai pihak.

Dia hanya mengkomunikasikan kepada pengurus di MWC NU Turen, tempatnya mengabdi, terkait amanah dan dorongan yang menjurus kepadanya. Alhasil, mereka (MWC NU Turen) siap.

Jika Gus Syafaat maju dan terpilih sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang, ia akan kembali menguatkan ruh pesantren sebagai basis NU.

Pria kelahiran Malang, 27 Maret 1973 ini merupakan santri dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo. Ia menamatkan studinya pada tahun 1996. Setelah itu, itu sempat mengajar dan mengabdi di Lirboyo selama dua tahun.

Pengalamannya di dunia organisasi cukup komplit. Gus Syafaat pernah menjabat Sekretaris MWC NU Turen, Katib, Ketua MWC Turen, Sekretaris JATMAN Kabupaten Malang dan telah 17 tahun berkecimpung di MWC Turen.

Salah satu capaian di MWC NU Turen adalah kemandirian NU Lewat program Koin NU serta pengakaderan dan pengelolaan kader MWC Turen.

"Beliau kiai kharismatik yang gigih berjuang dalam NU," kata Wakil Tanfidziah MWC NU Turen KH. Abdul Halim.

Ketua Ranting Sawahan, Ustadz Arief Noer menjelaskan, jika dirunut dari jalur ibu, Gus Syafaat merupakan keturunan dadi Kiai Yahya Gading Pesantren, salah satu pesantren tertua di Malang. Sedangkan dari jalur ayah, Gus Syafaat adalah putra Kyai datar, Kyai Wirai dan sangat dihormati di Turen.

"Waktu beliau banyak dihabiskan belajar di pesantren Lirboyo. Keilmuan dan keorganisasian di asah disini, dan merupakan pimpinan yang sangat peduli dengan bawahannya dan sangat mengayomi," ungkapnya.

KH. Athoillah Jalal selaku Pengasuh PP. Darul Jalal, dan Penasehat PAC GP Ansor Pakis juga memberikan testimoni. Ia menjelaskan Gus Syafaat adalah seorang organisator handal diiringi keilmuan pesantren yang mumpuni serta sosok yang selalu tawadhu. Ia dinilai cocok dan layak menduduki Ketua PCNU Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES