Indonesia Positif

LSP UMBY Gelar Workshop Persiapan Asesor Kompetensi

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:27 | 23.74k
Para Dosen UMBY usai mengikuti Workshop persiapan Asesor Kompetensi. (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Para Dosen UMBY usai mengikuti Workshop persiapan Asesor Kompetensi. (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Lembaga Sertifikasi Kompetensi atau LSP Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Workshop Persiapan Asesor Kompetensi. Acara yang diadakan pada 5 hingga 7 Oktober 2021 tersebut dipusatkan di Ruang Seminar Rektorat Kampus 1 UMBY.

Ketua LSP UMBY, Astri Wulandari MA mengatakan, kegiatan ini bagian dari upaya mempersiapkan Asesor Kompetensi dalam pelaksanaan Uji Kompetensi secara Mandiri. Selain itu, workshop tersebut sebagai bentuk menjaga Manajemen Mutu LSP menuju Pelaksanaan Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan pada periode 1 pada Oktober 2021.

Menurut Astri, pelatihan ini diharapkan membuat Asesor Kompetensi mampu membuat perangkat uji kompetensi dan paham kode etik seorang asesor kompetensi. 

"Dengan adanya workshop ini, diharapkan Asesor Kompetensi akan lebih memahami lagi terkait kode etik seorang asesor kompetensi," ujar Astri yang juga Dosen Ilmu Komunikasi Fikomm UMBY.

Selain itu, pelatihan tersebut bertujuan agar peserta mampu membuat perangkat uji kompetensi sesuai dengan dasar standar yang dipersyaratkan dalan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Kegiatan ini mengacu pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 333 Tahun 2020 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya Golongan Pokok Aktivitas Ketenagakerjaan Bidang Standarisasi, Pelatihan Kerja dan Sertifikasi. 

Workshop dilakukan dalam waktu 12 jam pelatihan dengan metode Sinkronus dan A Sinkronus. Unit kompetensi yang ditempuh mulai dari Merencanakan Aktivitas dan Proses Asesmen (P.85ASM00.001.2), Melaksanakan Asesmen (P.85ASM00.003.2), hingga pada Memberikan Kontribusi dalam Validasi Asesmen (854900.047.01). 

Pelatihan yang dilaksanakan oleh LSP UMBY ini didampingi langsung oleh Calon Master Asesor sekaligus Ketua LSP P3 APMINDO, Surabaya, Jawa Timur yaitu Rony Wardhana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES