Pemerintahan

Bupati Pangandaran Bangga Atas Prestasi Desa Wisata Selasari

Rabu, 13 Oktober 2021 - 22:25 | 34.33k
Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Desa Wisata Selasari (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke Desa Wisata Selasari (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARANBupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata merasa bangga atas prestasi yang diraih penggiat Desa Wisata Selasari.

Desa Selasari di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ini masuk pada kategori 50 Desa Wisata Terbaik se Indonesia tahun 2021.

"Pemerintah Daerah Pangandaran belum serius memberikan pembinaan kepada perangkat Desa untuk mengelola potensi wisata," kata Jeje, Rabu (13/10/2021).

Namun Pemerintah Daerah Pangandaran masih fokus menata objek wisata utama yaitu pantai Karapyak, pantai Pangandaran, pantai Batu Hiu, Grend Canyon dan pantai Batukaras.

"Kami belum melakukan penataan ke tingkat Desa, tetapi inovasi dari pelaku wisata sangat berhasil terbukti dengan masuknya 50 Desa Wisata se Indonesia," tambahnya.

Dijelaskan Jeje, anugerah ini memberi motivasi Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan potensi wisata yang ada.

"Desa wisata ini dikembangkan oleh penggiat wisata Desa sejak tahun 2013," jelas Jeje.

Desa Selasari memiliki potensi alam yang luar biasa dan memiliki lebih dari 100 goa yang bisa dikunjungi.

"Aliran sungai Santirah menjadi salah satu unggulan wisata Desa dengan aktrasi body rafting," tutur Jeje.

Rata-rata dalam satu minggu wisatawan yang datang ke Desa Selasari berjumlah 1.000 orang.

"Desa wisata Selasari kini menyuguhkan budaya lokal dan ekonomi kreatif dengan pengembangan UMKM madu ternak lebah, pakis, rajut, dan kopi," sambung Jeje.

Bahkan warga Desa Wisata Selasari kini secara mandiri medirikan homestay agar pengunjung bisa lama di sini dan bersosial dengan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES