Peristiwa Daerah

Permudah Warga Mendapat Layanan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Malang Tambah Puskesmas

Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:22 | 90.19k
Kondisi Puskesmas Pakisaji, Kabupaten Malang. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)
Kondisi Puskesmas Pakisaji, Kabupaten Malang. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDinkes Kabupaten Malang terus meningkatkan layanan kesehatan. Salah satunya dengan berupaya menambah jumlah Puskemas di Kabupaten Malang.

Tujuannya agar masyarakat semakin mudah mendapatkan Fasilitas Kesehatan atau Faskes. Sedangkan satu Puskesmas saat ini sedang dibangun di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Kepala Dinkes Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan, pihaknya menilai perlu adanya tambahan puskesmas. Mengingat luasnya wilayah Kabupaten Malang.

"Kami sudah melakukan analisa, memang masih kurang jika hanya ada satu puskesmas di satu kecamatan dengan jumlah desa lebih dari 15. Sehingga, pelayanan kesehatan kurang maksimal,” ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Keberadaan-Puskesmas-Pakisaji-di-Kabupaten-Malang.jpgilustrasi - Keberadaan Puskesmas Pakisaji di Kabupaten Malang. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini jumlah Puskesmas di Kabupaten Malang tercatat masih sekitar 39 yang tersebar di 33 Kecamatan dengan jumlah desa yang berbeda-beda.

"Kami telah melakukan road map atau pemetaan terkait layanan primer dan sekunder kesehatan masyarakat. Sehingga, mengetahui kondisi di masing-masing kecamatan," kata mantan Direktur RSUD Lawang ini.

Hasilnya, disebutkan Arbani, hingga tahun 2024 mendatang, pihaknya menargetkan ada tambahan sekitar 4 hingga 5 puskesmas baru di Kabupaten Malang.

Disebutkannya ada dua Kecamatan yang dinilai perlu mendapat tambahan Puskesmas. Yakni Kecamatan Tumpang dan Kecamatan Poncokusumo.

“Ini untuk mendukung pariwisata TNBTS. Kalau wilayah itu berkembang, maka keberadaan Puskesmas baru akan mengantisipasi masalah kesehatan masyarakat," tuturnya.

Dia berharap melalui  tambahan Puskesmas yang diupayakan Dinkes Kabupaten Malang, maka masyarakat nantinya kian mudah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES