Politik

HUT ke-76 Jatim, Momentum Refleksi Kebangkitan Jawa Timur

Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:49 | 38.27k
Kusnadi saat sambutan dalam rapat Paripurna dengan agenda peringatan HUT Ke-76 Pemprov Jatim, Rabu (13/10/2021). (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Kusnadi saat sambutan dalam rapat Paripurna dengan agenda peringatan HUT Ke-76 Pemprov Jatim, Rabu (13/10/2021). (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Momentum HUT ke-76 Jatim mengusung tema Jatim Bangkit. Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi mengatakan, Jatim Bangkit mempunyai banyak arti.

"Namun bangkit di sini, saya melihat sebuah ajakan atau dorongan kepada kita semua untuk bersama-sama bangkit, kemudian berani untuk bangkit, lalu mampu untuk bangkit dari segala keterpurukan yang telah terjadi, serta bangkit dari berbagai macam sisi kehidupan yang ada," ujar Kusnadi saat sambutan dalam rapat Paripurna DPRD Jatim, Rabu (13/10/2021).

Lebih dari itu, Jatim Bangkit juga menjadi momentum refleksi bersama demi kemajuan dan kebangkitan rakyat Jawa Timur. Hal ini merupakan bagian dari penghormatan, penghargaan, serta apresiasi sebagai rakyat Jawa Timur, terhadap para pejuang dan tokoh Jawa Timur, yang secara bersahaja berjuang dan bekerja untuk Jawa Timur.

sambutan-dalam-rapat-Paripurna-dengan-agenda-peringatan-2.jpg

"Untuk itu, Jawa Timur harus terus melakukan banyak perbaikan, baik dalam segi ekonomi, pendidikan, kesehatan serta sosial dan budayanya serta menjaga keharmonisasian antara Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif dalam menjalankan tugasnya masing-masing," katanya.

Kusnadi mengingatkan bahwa saat ini yang sedang dihadapi Jawa Timur bukan hanya sekedar lepas dari Pandemi Covid-19, dan juga bukan hanya keluar dari krisis kehidupan, akan tetapi juga harus melangkah kedepan untuk melakukan lompatan dan terobosan yang lebih besar lagi untuk kemajuan Jawa Timur yang signifikan.

"Mari kita pecahkan masalah fundamental yang kita hadapi, untuk itu kita harus serentak dan serempak menjadikan momentum ini, sebagai tonggak awal menuju Kebangkitan Jawa Timur di kancah Nasional maupun Internasional," ajak Kusnadi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengatakan, Kelahiran Pemprov Jatim berada pada keadaan yang genting dengan kedatangan sekutu. Hal inilah yang membuat Jawa Timur harus menjadi Provinsi yang kuat dalam segala tantangan. Tentunya kuat menghadapi Pandemi Covid-19.

"Dengan spirit itulah ke depan Provinsi Jawa Timur harus menjadi pionir dalam kebangkitan ekonomi menuju masyarakat yang lebih sejahtera," ujar Sadad.

sambutan-dalam-rapat-Paripurna-dengan-agenda-peringatan-3.jpg

Indikator kebangkitan tersebut sudah mulai terlihat, salah satunya Jawa Timur berhasil menjadi satu-satunya Provinsi di Indonesia yang kasus Covid-19 nya mulai stabil dibanding Provinsi lain.

"Sektor-sektor yang lain seperti pertanian sudah mulai tumbuh, ini menandakan bahwa kita punya modal yang kuat kita punya Pondasi yang kuat. Saya berharap dengan spirit hari jadi Jawa Timur yang ke-76 ini kita akan segera bangkit," tandasnya.

Diwaktu yang sama, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah mengatakan salah satu capaian Pemprov Jatim adalah penurunan angka kemiskinan melalui Dana Desa dan Pendampingan Desa.

"Artinya memang ketika pemerintahan ini memberikan keleluasaan penuh, kewenangan penuh kepada pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan dan pembangunan, akan meningkat signifikan," ujarnya.

Di HUT ke-76 Pemprov Jatim ini, tagline Jatim Bangkit akan lebih maksimal lagi ketika Pemprov Jatim memberikan kepercayaan yang lebih kepada desa dan kelurahan. Dimana hal itu sebenarnya sudah muncul melalui Perda BUMD, Perda pariwisata yang harus dikelola oleh Bumdes.

"Ini termasuk memberikan ruang yang sempit kepada pihak ketiga dan ruang terbuka kepada masyarakat untuk menjaga asetnya melalui desa wisata, ini sudah dilakukan," tuturnya pada momen HUT ke-76 Jatim. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES