Ekonomi Indonesia Bangkit

HQ Sawarga, Oleh-oleh Khas Kota Banjar dari Olahan Pisang Kapas yang Tembus Jepang

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:45 | 160.82k
Yanti, pemilik HQ Sawarga saat memperlihatkan produk UMKM unggulannya. (foto: Istimewa)
Yanti, pemilik HQ Sawarga saat memperlihatkan produk UMKM unggulannya. (foto: Istimewa)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, BANJARPisang kapas merupakan salah satu komoditas UMKM yang bahannya mudah ditemukan di wilayah Priangan. Dengan kualitas pisang kapas terbaik, HQ Sawarga menciptakan produk UMKM keripik yang memiliki rasa gurih alami, renyah dan warna khas kekuningan yang menggoda selera. 

Banyaknya pengolahan pisang tersebut, HQ Sawarga kemudian mengembangkan potensi daerahnya menjadi nilai tambah. Hal tersebut disampaikan Yanti Kusniyati, owner HQ Sawarga kepada TIMES Indonesia. 

HQ SAWARGA bPenjualan produk HQ SAWARGA rutin dikirim ke Jepang (foto: Istimewa)

"Kami menguatkan pandangan bahwa pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang ada di surga selain kurma, delima, dan anggur," katanya. 

Produk HQ Sawarga yang ada sejak 2014, mengutamakan high quality dengan bahan baku pilihan,  no MSG sehingga menjadi camilan keluarga dan buah tangan yang aman dikonsumsi serta makanan tradisional dengan rasa yang kekinian seperti varian rasa masuke, pedas rawit, dan original. 

Selain di Kota Banjar, HQ Sawarga dapat dibeli di outlet atau toko oleh-oleh di Ciamis, Tasikmalaya, Bandung, Bogor dan Bali. 

"HQ Sawarga bahkan rutin melakukan pengiriman ke Jepang setiap tiga minggu," tambahnya. 

HQ SAWARGA cHQ SAWARGA, produk UMKM kota Banjar (foto Istimewa)

Seiring waktu, lanjut Yanti, HQ Sawarga  melahirkan beberapa produk olahan seperti sale Ambon masuke, keripik kentang, mustofa, MR. HQ atau makaroni rawit. "Semua produk dibuat No MSG dengan bumbu rempah pilihan," katanya.

HQ Sswarta juga membantu memasarkan produk-produk UMKM dalam bentuk parcel sebagai buah tangan untuk tamu yang datang ke Kota Banjar. 

Untuk Konsumen yang ingin menikmati camilan sehat dari HQ Sawarga dapat langsung mengunjungi rumah lroduksi di Jalan Tentara Pelajar Nomor 145 RT 01 RW 12 Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar, Jawa Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES