Ekonomi

Pekan Jajanan UMKM, Strategi Pemkab Tegal Pulihkan Ekonomi

Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:01 | 32.29k
Bupati Tegal, Dra H Umi Azizah yang didampingi Kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tegal, Suspriyanti mengunjungi Pekan Jajan UMKM. (Foto: Humas Pemkab Tegal For TIMES Indonesia)
Bupati Tegal, Dra H Umi Azizah yang didampingi Kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tegal, Suspriyanti mengunjungi Pekan Jajan UMKM. (Foto: Humas Pemkab Tegal For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Pasca penurunan kasus penularan Covid-19, Pemkab Tegal terus berupaya memulihkan ekonomi lokal dengan menggerakkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Salah satunya dengan berinovasi melaksanakan pekan jajan lokal yang bergilir setiap minggunya di organisasi Pemkab Tegal sebagai ajang promosi produk lokal, Rabu (13/10/2021).

Bupati Tegal, Dra H Umi Azizah mengapresiasi penyelenggaraan bazar jajanan produk UMKM yang sudah rutin berjalan sejak tiga bulan lalu dengan tema yang dikemas 'sesanti Nglarisi jajane wonge dewek'.

bupati tegal 2

Menurut Umi, UMKM memiliki kontribusi penting dalam menopang perekonomian daerah. Sehingga, penyelenggaraan bazar tersebut diharapkan akan menggairahkan kembali pelaku usaha untuk berkreasi setelah badai pandemi ini mulai mereda.

"Kontribusi UMKM nyata dan dapat mempercepat pemulihan ekonomi mengingat sektor ini banyak menyerap tenaga kerja, sehingga kebangkitannya pun harus kita dorong. Caranya dengan membeli dan berbelanja produk mereka dan mempromosikannya lewat media sosial karena eranya jaman sekarang era media sosial,” kata Umi.

Umi menjelaskan, seperti halnya program konten kreatif Jalabia atau jualan bareng Umi-Ardie sebagai salah satu strategi pemasaran produk UMKM dirinya bersama Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie melalui media sosial.

"Menurut saya tidak sedikit respon positif warganet yang kemudian memesan dan membeli produk yang ia pasarkan lewat akun medsos Humas Pemkab Tegal kok," bebernya

Lanjut dia, dengan membiasakan diri membeli produk UMKM, bisa memberikan semangat bagi para pelaku usaha juga turut membantu perekonomian mereka.

"Ini bentuk ikhtiar kita yang merupakan pemacu kepada rekan-rekan UMKM untuk terus berproduksi. Disamping itu, kami ingin membiasakan mereka untuk beli produk lokal yang rasanya tidak kalah dengan produk industri," ungkapnya.

bupati tegal 3

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tegal, Suspriyanti mengatakan, semangat penyelenggaraan bazar pekan jajanan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada pelaku UMKM yang hingga saat ini terdampak pada pembatasan kegiatan.

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa memulihkan perekonomian nasional serta memperkenalkan produk lokal di area Pemkab Tegal. Adapun pelaksanaan bazar UMKM tersebut bergiliran di sejumlah organisasi perangkat daerah di Kabupaten Tegal sejak Kamis (7/10/2021) lalu hingga sekarang," tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES