Pemerintahan

Pemkab Majalengka Kembali Raih Penghargaan Anugerah Eka Parahita Ekapraya

Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:30 | 29.33k
Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Karna Sobahi - Tarsono D Mardiana menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)
Bupati dan Wakil Bupati Majalengka, Karna Sobahi - Tarsono D Mardiana menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. (Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKAPemkab Majalengka meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 Kategori Utama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang dilaksanakan secara virtual bertempat di Gedung Yudha Karya Pemda Majalengka, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan  pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Kabupaten Majalengka mendapatkan Penghargaan APE Kategori Pratama pada tahun 2016 dan 2018. Selanjutnya pads tahun 2020 hasil evaluasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut mendapatkan penilaian meningkat sehingga mendapatkan APE Kategori Madya.

pemkab Majalengka 1

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi, memberikan apresiasi kepada Kementerian PPPA yang telah menginisiasi diselenggarakannya APE tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

Ia menyampaikan, saat ini pemerintah Kabupaten Majalengka telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarus utamaan gender sesuai amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ini semua merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Majalengka dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Sehingga pada pelaksanaannya, Kabupaten Majalengka mengangkat critical issue dalam program PUG, diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender.

Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan) strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

"Alhamdulillah, Kabupaten Majalengka kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya tahun 2020. Semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan penghargaan ini harus dipertahankan dan kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada semuanya," ujarnya.

pemkab Majalengka 2

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Majalengka Nasrudin menjelaskan, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya sendiri sudah diraih Pemkab Majalengka di Kategori Pratama pada 2016 dan 2018. Selanjutnya pada tahun 2020, ada peningkatan penilaian sehingga mendapatkan APE Kategori Madya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES