Ekonomi UMKM Tangguh

Inovasi Ivena Collection Pertahankan Pamor Kota Tasikmalaya sebagai Sentra Bordir

Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:22 | 111.47k
Angga Owner Ivena collection Embroidery berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Angga Owner Ivena collection Embroidery berfoto bersama dengan Wali Kota Tasikmalaya HM Yusuf. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Selain Kota Seribu Bukit, Kota Tasikmalaya dikenal juga sebagai sentra kerajinan bordir. Salah satunya adalah pelaku UMKM Ivena Collection Embroidery. 

Ivena Collection Embroidery merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konveksi bordir sejak 2006 di Kota Tasikmalaya, tepatnya di Kelurahan Tanjung Kecamatan Kawalu. Daerah tersebut dikenal sebagai sentra bordir di Kota Tasikmalaya. 

Pemilik Ivena Collection Embroidery, Angga mengungkapkan, saat ini usahanya yang menjadi binaan Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya memiliki prestasi. Salah satunya jadi peserta UMKM Juara 2019, mengikuti pameran West Java Festival 2019 di Kota Bandung, dan pameran-pameran yang diadakan pemerintah maupun swasta. 

Ivena Collection 2Beberapa pekerja sedang memotong pola bahan di workshop Ivena collection Embroidery di Jl. Air Tanjung, Citamiang Rt 02 Rw 08, Kel. Tanjung, Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

Sehingga tak heran jika produk Ivena Collection Embroidery pemasarannya sudah merambah ke seluruh pelosok nusantara. Keunggulan produk Ivena Collection Embroidery yang lebih fokus di produksi mukena, yaitu dari bahan baku dan ukuran yang memenuhi standar nasional. 

"Di workshop kami juga dapat dipesan sesuai permintaan konsumen (custom) dengan harga yang terjangkau dan melayani pesanan satuan maupun partai besar," jelasnya. 

Menurut Angga, dirinya bisa bertahan di masa pandemi ini karena barang yang di produksi mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu mempertahankan bordir manual. Yakni cara kerjanya masih menggunakan bantuan kaki bordir manual, tidak menggunakan mesin komputer. 

Dan juga barang yang diproduksi tidak hanya mukena, bordirnya diaplikasikan di masker, pajamas, daster, baju koko, kebaya, tas bordir, dan gamis. Untuk sasaran konsumen, tidak terpatok pada usia, tetapi menyisir kebutuhan anak-anak, remaja, dan dewasa. 

Bagi konsumen yang ingin membeli produk Ivena Collection Embroidery, dapat mengunjugi langsung outlet Ivena Collection Embroidery yang berada di Jalan Air Tanjung, Citamiang RT 02 RW 08, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Atau dapat di pesan secara online di akun media sosial Instagram @ivenacollection_ dan Facebook Ivenacollection. 

Ivena Collection 3Angga Owner Ivena collection Embroidery Angga yang akrab disapa Abem berfoto bersama dengan pengunjung di salah satu pameran (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

Kepala Seksi UMKM Dinas KUMKM dan Perindag Kota Tasikmalaya H. Tety Chandra mengungkapkan, pihak dinas akan terus membina para UMKM yang ada di Kota Tasikmalaya secara konsisten dan menekankan selalu melestarikan warisan budaya bordir ciri khas Kota Tasikmalaya yang sudah mendunia. 

"Ivena Collection Embroidery Kota Tasikmalaya terus konsisten dalam memproduksi karyanya dan harus inovatif dalam memproduksi setiap karyanya agar tidak ketinggalan zaman," katanya mengapresiasi upaya UMKM tersebut mempertahankan pamor sentra bordir di wilayah setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES