Peristiwa Daerah

HUT ke-76 Jatim, PDI Perjuangan: Momentum Otokritik Kinerja Pemprov Jatim

Rabu, 13 Oktober 2021 - 14:24 | 37.16k
Fraksi PDI Perjuangan, mengiringi peringatan HUT ke-76 Jatim, Rabu (13/10/2021). (Foto: PDI Perjuangan)
Fraksi PDI Perjuangan, mengiringi peringatan HUT ke-76 Jatim, Rabu (13/10/2021). (Foto: PDI Perjuangan)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – HUT ke-76 Jatim menjadi momentum penting untuk otokritik kinerja pemerintahan terhadap kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dr Sri Untari Bisowarno mengiringi peringatan HUT ke-76 Jatim, Rabu (13/10/2021).

Menurut Untari, dari kajian yang dilakukan Fraksi PDI Perjuangan, masih terlihat beberapa kelemahan yang dilakukan Pemprov dalam menguatkan Jatim.

“Inovasi yang ada di Pemprov masih kurang. Kolaborasi yang sifatnya mutual saling melengkapi dan menguatkan antar OPD sampai sekarang masih belum terlihat,” ujarnya.

HUT ke 76 Jatim 2

Untari menjelaskan, simbiosis mutualisme antar OPD adalah sinergitas antar OPD untuk memanfaatkan potensi yang ada masih kurang. Padahal, bila ini dilakukan akan memberikan kemanfaatan yang nantinya bisa berdampak positif.

Ia mencontohkan tentang layanan rumah sakit milik pemprov itu itu kan banyak, ada RSU dr Soetomo Surabaya, RS Saiful Anwar Malang, RS dr Soedono Madiun, rumah sakit paru dan yang lainnya.

"Mereka kan butuh beras, gula, sayur dan yang lainnya, kenapa tidak maksimalkan Puspa Agro untuk memasok kebutuhan rumah sakit ini. Kita naruh uang di sejumlah rumah sakit itu banyak lho, nah semisal koperasi yang mengelola kebutuhan itu tapi ambilnya tetap di Puspa Agro. Supliernya Puspa Agro, yang membiayai Bank Jatim. Ini jadi circle ekonomi, namanya sistem. Dari, oleh dan untuk Jatim sendiri,” jelas Untari.

Untari menyampaikan gotong royong ini bisa menjadi sistem agar Jatim menjadi jaya seperti dalam lagu Mars Jatim Bangkit, Jayalah Jawa Timurku.

HUT ke 76 Jatim 3

"Carane yok opo? Caranya ya itu tadi bersinergi berkolaborasi, wong semua pegang uang, pegang akses, apa susahnya?” lanjutnya.

Untari bahkan menyarankan ini dijadikan Perda, agar bisa jalan efektif dan saling bersinergi. Karena menurutnya, semua ini merupakan holding, tapi yang kualitasnya ultra holding.

"Agar memiliki kekuataan sinergis. Puspa Agro kulakan ke Batu, Poncokusumo, Blitar, Kediri, Banyuwangi. Para petani yang menyiapkan, agar ketika petani menanam itu dapat hasil,” pungkas Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dr Sri Untari Bisowarno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES