Peristiwa Nasional

Kemendagri RI: Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 Wajib Punya Kemampuan Tangani Covid-19

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:40 | 26.04k
Dirjen Polpul Kemendagri RI Bahtiar. (FOTO: Kemendagri).
Dirjen Polpul Kemendagri RI Bahtiar. (FOTO: Kemendagri).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum  (Dirjen Polpul) Kemendagri RI Bahtiar mengatakan anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027 dituntut tidak hanya memahami teknis kepemiluan, tapi juga memiliki kemampuan membantu pemerintah menangani Covid-19.

"Ke depan kita tentu membutuhkan penyelenggara yang kompatibel dengan kondisi negara dan masyarakat, hari ini adalah keselamatan warga negara dan masyarakat di atas segalanya," ucap Bahtiar, Rabu (13/10/2021).

Karena itu lanjut Bahtiar, penyelenggara Pemilu harus juga memiliki pemahaman penanganan Covid-19. "Calon anggota KPU - Bawaslu bukan hanya memahami soal teknis kepemiluan tapi juga yang mampu mengubah proses tahapan dan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 menjadi sarana instrumen untuk juga menangani Covid-19 dan menangani dampak dampaknya," imbuhnya.

Bentuk penyelenggara negara di bidang apapun menurut Bahtiar seperti di bidang ekonomi, politik, sosial budaya tentunya harus mampu menyesuaikan kemampuannya dan kerja-kerja mereka dengan kondisi negara sekarang ini. "Termasuk penyelenggara pemilu dan pilkada, harus menyesuaikan dengan keadaan ini, supaya negara ini bertahan sebagai bangsa," tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Mendagri RI Tito Karnavian pada Selasa, 12 Oktober telah menyampaikan Keputusan Presiden (Keppres) soal pembentukan Tim seleksi calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027 kepada 11 nama yang telah dipilih.

Kemendagri RI menyampaikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 120/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim seleksi calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027 ini sebagai bagian dari perwakilan pemerintah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES