Pemerintahan

Pertama Kali, Maluku Utara Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:05 | 34.88k
Gubernur KH Abdul Gani Kasuba bersama Kadis PPPA Musyrifah Alhadar pose bersama menunjukkan piala dan piagam penghargaan APE 2020. (Foto: Dinas PPPA Malut)
Gubernur KH Abdul Gani Kasuba bersama Kadis PPPA Musyrifah Alhadar pose bersama menunjukkan piala dan piagam penghargaan APE 2020. (Foto: Dinas PPPA Malut)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Kali pertama dalam sejarah, Pemprov Maluku Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA Malut) berhasil meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

Anugerah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Menteri  PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Penghargaan APE 2020 diberikan kepada 13 (tiga belas) Kementerian/Lembaga, dan juga 29 Pemerintah Provinsi, serta sebanyak 193 Pemerintah Daerah Kabupaten dan 73 Pemerintah Kota secara daring, Rabu (13/10/2021).

Penghargaan yang diterima Gubernur Malut KH. Abdul Ghani Kasuba, merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas komitmen dan peran Kementerian/Lembaga,  dan pemerintah daerah yang telah berupaya dan berkomitmen melaksanakan pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Sejak 2004, Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) telah melakukan evaluasi pelaksanaan  pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Hal ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan APE yang terdiri dalam 4 (empat) kategori, yakni kategori Pratama, diberikan kepada 8 Provinsi, dan 113 Kabapaten/Kota; kategori Madya, diberikan kepada 6 Kementerian, 4 Provinsi, dan 91 Kabupaten/Kota; kategori Utama, diberikan kepada 13 Provinsi, dan 59 Kabupaten/Kota; serta kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 7 Kementerian/Lembaga, 4 Provinsi dan 4 Kabupaten/Kota.

Hal ini disampaikan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga saat memberikan penghargaan APE 2020 di Jakarta secara virtual pada tanggal 13 Oktober 2021. Untuk penghargaan APE 2020,  pertama kali Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate mendapat kategori Pratama.

Pemberian penghargaan APE 2020 ini diharapkan semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia.

"Harapan kami semua stakeholder dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat, dan berkualitas,” kata Menteri Bintang Puspayoga.

Terpisah, Kadis PPPA Maluku Utara, Hj. Musyrifah Alhadar dalam keterangannya menyampaikan bahwa ia merasa bangga dan senang bisa meraih penghargaan tersebut.  Bagaimana tidak, segala upaya bersama dengan staf maupun stakeholder dalam rangka pembangunan PPPA melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Musyarifa mengatakan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ini merupakan kali pertama yang dicapai DPPPA Malut. "Prestasi ini harus di pertahankan kalau perlu di tingkatkan melalui berkolaborasi bersama dengan semua stakeholder,“ pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES