Peristiwa Daerah

Wali Kota Marten Taha: Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Dimasukkan dalam Kurikulum

Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:57 | 21.48k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Pembinaan nilai ideologi Pancasila menjadi perhatian bersama antara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP). Untuk itu, APEKSI dan BPIP sepakat bersinergi untuk menguatkan Pancasila di masing-masing daerah.

Agenda ini dilaksanakan di Yogyakarta, Selasa 12/10/21, di hadiri oleh para pengurus pusat APEKSI, termasuk Wali Kota Gorontalo Marten Taha.

Marten Taha mengemukakan pentingnya peran dunia pendidikan dalam membumikan Pancasila di seluruh indonesia. Untuk itu, ia menyarankan perlu adanya regulasi yang mengatur kurikulum penanaman nilai Pancasila itu disemua jenjang pendidikan.

"Kami menyarankan pembinaan ideologi pancasila perlu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Entah itu buatkan Perpres atau PP dan sejenisnya, sehingga kami didaerah dapat mengawal program ini secara maksimal," ungkapnya.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha aAsosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia saat bertemu dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo) 

Wakil Ketua Umum Apeksi Bidang Pemerintahan dan Otonom itu menambahkan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Pemda siap mendukung apa yang menjadi visi bersama menyebarluaskan penanaman nilai ideologi negara tersebut.

"Di Kota Gorontalo kami merangkul para anak - anak milenial, mulai dari TK sampai Perguruan tinggi  untuk memberikan pembinaan nilai ideologi pancasila," ucapnya.

Marten Taha mengatakan penandatangan kerja sama merupakan bentuk keseriusan apeksi dalam membumikan pancasila. yaitu melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

"Sejak Januari, Apeksi melakukan kajian untuk membuat kesepakatan dengan BPIP. Alhamdulilah hari ini kita dapat realisasikan kerja sama tersebut," ujar Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES