Ekonomi

Wapres RI Dorong Indutri Keuangan Syariah Promosikan Ekonomi Berkelanjutan

Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:18 | 47.32k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin mendorong industri keuangan syariahdapat mempromosikan ekonomi berkelanjutan karena keuangan syariah merupakan salah satu industri tercepat di sektor keuangan global.

Demikian disampaikan Wapres KH Ma'ruf Amin di acara The 5th International Conference on Law and Justice (ICLJ) dengan tema "Sharia, Law and Sustainability in the New Normal"  melalui rekaman video yang ditayangkan Rabu (13/10/2021).

"Keuangan Islam mencatat pertumbuhan tercepat di industri keuangan global, di mana salah satu pilarnya adalah kepercayaan dan kerja sama," ucap Wakil Kepala Negara.

Kepercayaan dan kerja sama tersebut, lanjut Wapres, merupakan fondasi etis yang merupakan prinsip dasar dalam bermuamalah menurut ajaran agama Islam.

Wapres mengatakan, istilah keberlanjutan atau sustainable, biasanya merujuk pada model bisnis, pengelolaan lingkungan hidup serta ketahanan negara yang sifatnya terus-menerus atau berkesinambungan.

Keberlanjutan juga erat kaitannya dengan tujuan pembangunan global atau dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang disepakati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"SDGs adalah upaya untuk mengakhiri kemiskinan global, membangun kehidupan yang bermartabat bagi semua orang tanpa kecuali, mendorong kemitraan, mengintensifkan upaya berbagi kemakmuran, memberdayakan penghidupan masyarakat dan memastikan perdamaian, dan menyembuhkan planet kita untuk kepentingan generasi saat ini serta generasi mendatang," ungkapnya.

Terkait pembangunan ekonomi, konsep SDGs tersebut menggabungkan triple bottom line berupa People, Planet, Profit (3P) dalam aspek sosial, lingkungan dan keuangan di setiap kegiatan usaha.

"Nilai-nilai triple bottom line ini sesungguhnya sesuai dengan hukum Islam atau syariah, bahkan merupakan tujuan dari hukum Islam itu sendiri yang disebut dengan maqashid syariah," tutur Wapres.

Oleh karena itu, Wapres RI KH Ma'ruf Amin berharap seluruh pelaku industri keuangan syariah dapat mendorong nilai-nilai syariah tersebut agar semakin berperan di tingkat global. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES