Ekonomi UMKM Tangguh

Legendaris Koka Jember, Segar di Lidah Hangat di Badan

Rabu, 13 Oktober 2021 - 12:06 | 65.43k
Produk Legendaris Koka yang selalu memiliki inovasi untuk terus berkembang. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Produk Legendaris Koka yang selalu memiliki inovasi untuk terus berkembang. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, JEMBER – Kenikmatan dari kopi tidak hanya soal rasa, kopi seolah-olah diciptakan sebagai penenang. Menenangkan saat menikmati kesendirian sekaligus hadir sebagai teman. Begitu pula dengan obrolan, akan lebih bermakna bila disertai dengan hadirnya kopi. Untuk itu, kopi hampir menjadi kebutuhan dapur siapapun.

Jember sebagai suatu wilayah yang dikepung oleh gunung dan pegunungan membawa dampak bagi kelangsungan hidup manusianya. Tidak hanya budaya, kondisi iklim dan perkebunan terutama coklat dan kopi tersebar cukup banyak di daerah Jember. Sehingga membawa dampak yang besar bagi perekonomian lokal. 

Legendaris Koka Jember 2Kopi Kapulogo, Kopi bubuk yang sudah terinovasi dengan rempah-rempah pilihan asli Indonesia (Jane, Kapulogo, Kayu Mantis). (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

Legendaris Koka, produk asli Jember yang merupakan warisan keluarga secara turun-temurun, menghadirkan biji kopi terbaik yang berasal dari lereng Gunung Argopuro dan Pegunungan Ijen-Raung bagi para penikmatnya. 

"Sebagai warisan yang turun-temurun, Legendaris Koka, Kopi kemasan dan coklat ini bisa membuat lidah segar dan hangat dibadan," ungkap Tutuk Kurnia Wahyuningtias, owner Legendaris Koka. 

Legendaris Koka ingin menyajikan cita rasa lokal, kopi-kopi dari daerah Jember kepada dunia. 

"Dengan serapan kopi lokal nantinya akan membantu perekonomian lokal pula, serta kami menyajikan dalam bentuk yang paling mudah dinikmati dan tidak bikin repot," sambungnya. 

Tutuk menambahkan, sebagai warga Jember tentunya bangga karena produk kopi Legendaris Koka yang diproduksi sejak tahun 2018 ini ternyata juga diminati oleh maskapai Garuda Indonesia.

Inovasi baru terhadap produk-produk Legendaris Koka sangat diperhatikan oleh Tutuk, hal ini terbukti sampai saat ini, produk Legendaris Koka telah hadir dengan 12 variasi. 

"Coffe Rice Bran, kopi bubuk yang sudah terinovasi dengan kulit arinya beras. Coffe Kapulogo, Kopi bubuk yang sudah terinovasi dengan rempah-rempah pilihan asli Indonesia (Jane, Kapulogo, Kayu Mantis)," papar Tutuk. 

Legendaris Koka Jember 3

Lebih lanjut, Robusta, Arabica, Rosca (perpaduan antara Robusta dan Arabica) juga tidak terlupakan. Selain itu, Drip Coffe Rosca, Special Coffe Innovations, Special Original Coffe, serta Bio Coffe, kopi yang difermentasikan secara alami juga diproduksi oleh Legendaris Koka. 

"Selain kopi, kami juga ada olahan cokelat. Yaitu, Special Chocolate Innovations, Chocolate Dark 3 in 1 dan Chocolate Kurma," pungkas Tutuk. 

Di era pandemi saat ini, Legendaris Koka memiliki kesempatan untuk tampil dalam acara Jember Expo yang digagas oleh Bank Indonesia (BI) Cabang Jember. Acara yang bertajuk Gerakan UMKM Beranjak Bangkit (Geber UMKM) diharapkan dapat mendorong penerapan digitalisasi dalam promosi produk UMKM. 

Dalam kegiatan ini, BI memfasilitasi promosi produk UMKM binaan maupun mitra binaan yang telah terkurasi melalui e-catalogue dalam pameran virtual Jember Expo Geber UMKM. 

Selain promosi, BI juga memfasilitasi business matching UMKM secara virtual, yang dalam kegiatan ini mempertemukan antara UMKM dengan pasar modern, eksportir maupun pembeli potensial dari luar negeri yang diharapkan dapat memperluas akses pasar UMKM. 

Dengan diadakannya bussiness matching ini, bisa berdampak terhadap peningkatan inovasi UMKM, peningkatan kualitas, peningkatan kerja sama bisnis yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan omset UMKM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES