Olahraga

Piala Thomas, Eddy Prayitno: Taiwan Bukan Lawan Mudah

Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:27 | 39.28k
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan rekannya Marcus Fernaldi Gideon akan menghadapi lawan tangguh di pertandingan terakhir Grup A Piala Thomas. (foto: PBSI)
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan rekannya Marcus Fernaldi Gideon akan menghadapi lawan tangguh di pertandingan terakhir Grup A Piala Thomas. (foto: PBSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Indonesia akan menghadapi tim kuat Taiwan dalam pertandingan penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas yang akan digelar pada Rabu, mulai pukul 13.30 WIB. Pada dua laga penyisihan sebelumnya di Grup A, Indonesia memetik kemenangan 5-0 atas Aljazair, serta 3-2 atas Thailand.

Manajer tim Indonesia Eddy Prayitno mengatakan Skuat Garuda akan menyiapkan strategi yang tepat saat menghadapi Taiwan. Menurutnya, pertandingan nanti tidak akan mudah.

“Tidak mudah memang menghadapi Taiwan yang didukung peraih emas ganda putra Olimpiade (Lee Yang/Wang Chi Lin). Di sana juga ada pemain tunggal Chou Tien Chen. Meski begitu, kita harus kerja keras dan menerapkan strategi yang tepat untuk mengalahkan mereka,” kata Eddy dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta.

Sementara itu, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan menghadapi Taiwan, strategi penyusunan pemain dan taktik permainan di tengah lapangan harus tepat, baik dari sektor tunggal maupun ganda, harus bisa bermain maksimal menyumbangkan poin.

Ia menambahkan dengan jenis shuttlecock yang lambat, ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk menembus kekuatan dan kecepatan Lee Yang/Wang Chi Lin.

“Dengan bola yang lambat, tidak mungkin lawan akan terus mengandalkan kekuatan dan kecepatan. Oleh karena itu, strategi permainan pasangan ganda yang akan kita mainkan harus bisa meredam dan mengajak main lambat. Serangan-serangan Lee/Wang tentu tidak secepat seperti di Olimpiade Tokyo,” ujar Rionny.

Untuk mengalahkan Taiwan, menurut dia, para pemain juga harus memiliki semangat tempur yang tinggi.

"Harus berjuang maksimal, semangat, ulet, sabar dan siap capek. Selain itu, harus tahu kapan bertahan dan kapan menyerang balik, harus tepat momentumnya. Yang tidak kalah penting, yaitu harus siap adu mental," papar Rionny.

Kepala pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi memanbahkan, pada sektor ganda putra siap untuk berjuang maksimal dan menyumbangkan poin.

Namun, sambung dia, kondisi penampilan pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sejauh ini belum kembali ke bentuk permainan terbaik mereka. Selain itu, kondisi Kevin juga dinilai belum bugar.

“Tidak mudah. Tetapi kami di ganda putra akan berjuang keras lebih dulu. Saya akan lihat bagaimana kesiapan mereka,” tegas Herry.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Taiwan pada laga penyisihan terakhir Grup A Piala Thomas.

Tunggal putra 1
Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen

Ganda putra 1
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-Lin

Tunggal putra 2
Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei

Ganda putra 2
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Lu Ching Yao/Yang Po Han

Tunggal putra 3
Shesar Hiren Rhustavito vs Chi Yu Jen
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES