Olahraga PON XX Papua

Setelah Menunggu 10 Tahun, Tim Catur Riau Raih Medali di PON

Rabu, 13 Oktober 2021 - 09:37 | 55.42k
Kontingen Catur Provinsi Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua (foto: Dokumen/Pemprov Riau)
Kontingen Catur Provinsi Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua (foto: Dokumen/Pemprov Riau)
FOKUS

PON XX Papua

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim Catur Riau menyumbangkan medali perunggu di PON XX Papua. Perolehan medali ini setelah penantian sejak 2012 sewaktu Provinsi Riau menjadi tuan rumah PON XVII.  

"Dari 3 nomor yang diikuti Tim Catur Beregu Putra, Riau berhasil meraih medali perunggu di nomor Catur Cepat. Di nomor Catur Kilat, yang dipertandingkan diawal, Riau Hanya menempati posisi ke V," kata Lajuardi Siregar, Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Riau di Jayapura, Rabu (13/10/2021).

Khusus untuk olahraga catur ini, sejak PON XVIII pada tahun 2012 sebagai tuan rumah Provinsi Riau pernah mendapat medali untuk nomor beregu putra di pada pertandingan Catur Kilat saat itu mendapat perak. Kemudian untuk Beregu Putri di nomor Catur Klasik juga dapat Perak.

"Seingat saya selama Cabor Catur dipertandingkan di PON Riau belum pernah meraih medali Emas. Pada PON XIX Tahun 2016 di Bandung Jawa Barat, Riau dengan jumlah atlet 11 orang, sama sekali tidak dapat medali " beber Lajuardi.

Dengan perolehan medali perunggu ini, terang Lajuardi merupakan prestasi bagi kontingen Cabor Catur Riau. Apalagi kondisi persiapan yang dihadapi saat pandemi Covid-19 , Cabor Catur Riau mampu memberikan medali pada PON XX Papua ini.

Sementara itu, Ketua Pengprov Percasi Riau, Kordias Pasarabu SH MSi menyatakan akan terus mendorong atlet-atlet muda guna mempersiapkan pecatur handal dari Bumi Lancang Kuning ini.

"Pertama-tama saya ucapkan selamat buat para atlet Catur Riau yang sudah berjuang maksimal untuk mengharumkan nama daerah, dan juga para atlet cabor lainnya yang sudah sukses meraih kemenangan dan menyumbangkan medali buat Bumi Lancang Kuning ini, semoga kedepannya kita bisa memberikan prestasi lebih baik, baik nasional mapun Internasional sekalipun " kata Dias. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES