Gaya Hidup

Lesung Pipi, Pesona yang Membuat SenyumLebih Manis

Rabu, 13 Oktober 2021 - 09:30 | 103.34k
Miranda Kerr.yang memiliki lesung pipi. (FOTO: Elevenia)
Miranda Kerr.yang memiliki lesung pipi. (FOTO: Elevenia)

TIMESINDONESIA, JAKARTALesung pipi dinilai sebuah anugerah bagi yang memilikinya. Ya, banyak orang yang beranggap lesung pipi atau cekungan yang berada di pipi itu mampu mendongkrak derajat ketampanan atau kecantikan seseorang. 

Sebut saja artis Afgan, Miradanda Kerr atau aktor Korea Selatan yang tengah hangat diperbincangkan Kim Seon-ho. Mereka memiliki lesung pipi yang menggemaskan bukan?

Padahal, lesung pipi sebenarnya adalah suatu kelainan anatomis? Lesung pipi adalah lekukan di wajah yang terjadi akibat adanya kelainan pada otot zygomaticus. 

Nah, berikut beberapa fakta seputar lesung pipi:

1. Lesung pipi terbentuk karena kelainan otot wajah

Lesung pipi sering yang sering dianggap menarik, sebenarnya bisa muncul karena adanya kelainan pada otot zygomaticus mayor. Otot ini berperan dalam membentuk ekspresi wajah. Otot inilah yang akan bergerak saat Anda tersenyum.

Pada orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot ini terletak di tulang pipi dan menyambung turun hingga ke sudut mulut. Sementara itu pada orang yang memiliki lesung pipi, otot ini terbelah dua dengan lokasi yang sama, yaitu dari tulang pipi hingga ke sudut mulut. 

Sehingga, saat seseorang tersenyum, terbentuklah cekungan di antara dua otot yang terpisah itu.

2. Lesung pipi karena faktor keturunan? 

Banyak yang menganggap lesung pipi dipicu oleh faktor genetik atau keturunan. Sayangnya penapat tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah. 

3. Lesung pipi saat bayi bisa hilang ketika dewasa

Pernah melihat bayi berlesung pipi? Namun seiring bertambahnya usia, biasa saja lesung pipi tersebut hilang. Sebab, lesung pipi yang terbentuk saat bayi dipengaruhi oleh lemak yang menumpuk di area pipi. Jadi bukan karena kelainan pada otot zygomaticus mayor. 

Meski begitu, ada juga lesung pipi yang tidak terbentuk dari lahir dan baru muncul saat usia balita atau anak-anak.

4. Lesung pipi membuat seseorang lebih ekspresif

Memiliki lesung pipi dianggap anugerah, sebab seseorang berlesung pipi dianggap lebih ramah, manis dan menyenangkan. Selain itu, cekungan ini juga dianggap membuat senyuman dan ekspresi yang muncul di wajah seseorang bisa terlihat lebih jelas. Sehingga, informasi yang tersampaikan melalui ekspresi wajah bisa lebih dimengerti lawan bicaranya.

5. Lesung pipi bisa didapatkan dengan operasi

Beberapa atahun terakhir, ada tren membuat lesung pipi. Ya lesung pipi bisa didapatkan dengan operasi dimpleplasty. Operasi ini termasuk sebagai salah satu kategori operasi plastik. Namun prosedurnya tergolong cukup sederhana dan pasien yang menjalaninya, tidak perlu dirawat inap.

Prosedurnya, dokter akan menggunakan alat dan teknik khusus untuk menyingkirkan sedikit lemak dan otot di area pipi yang ingin dibuat lesung. Setelah itu, dokter akan membuat ruang untuk lesung pipi serta mengubah posisi otot pipi dan “mengikatnya” agar Lesung pipi bisa terbentuk secara permanen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES