Indonesia Positif

Kapolres Tegal Siapkan 70.000 Bibit Tanaman untuk Menjaga Ekosistem Pantai Utara

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:04 | 36.39k
Suasana kegiatan penanaman di pesisir Pantai Larangan Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (12/10/2021) (Foto: Dok. Polres tegal)
Suasana kegiatan penanaman di pesisir Pantai Larangan Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (12/10/2021) (Foto: Dok. Polres tegal)

TIMESINDONESIA, TEGALKapolres Tegal AKBP Arie Syafa'at menyiapkan ribuan bibit tanaman. Upaya ini untuk menindaklanjuti instruksi Presiden RI Ir Joko Widodo dalam mencegah abrasi dan menjaga ekosistem perairan di wilayah Pantai Utara Jawa dengan gerakan “Mageri Segoro”.

“Target kegiatan untuk polres tegal sendiri mendapat 70.000 bibit tanaman yang akan kita lakukan secara bertahap hingga bulan Desember," ungkap Kapolres Tegal

Kapolres Tegal AKBP Arie Syafa'at, SIK yang memimpin langsung kegiatan penanaman di pesisir Pantai Larangan Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Selasa (12/10/2021) dengan melibatkan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal dan sejumlah Komunitas Peduli Lingkungan

Program Mageri Segoro selain melibatkan Jajaran TNI dan Lanal serta Komunitas juga melakukan sinergi  dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Pemerintah Desa. 

Lebih lanjut, Asisten Satu Pemkab Tegal Dadang Darusman menyampaikan bahwa berdasarkan topografi, lokasi pesisir pantai diwilayah Kabupaten Tegal memang masih butuh dilakukan penanaman mangrove mengingat struktur tanah sehingga jenis tanaman Cemara Laut sangat cocok untuk wilayah tersebut

"Tanah di wilayah ini bercampur pasir, sehingga tanaman jenis cemara laut lah yang cocok ditanam untuk mencegah erosi," jelasnya. 

Mageri Segoro yang digagas Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi merupakan hal yang perlu dijadikan tauladan. Pasalnya alam semakin tua dan bumi semakin membutuhkan cengkraman yang kuat agar abrasi yang dapat membawa bencana bila dibiarkan maka perlu adanya penanaman guna menghindari hal tersebut

Berbagai jenis tanaman disiapkan untuk menjaga ekosistem perairan mulai dari Cemara Laut hingga Mangrove. Semuanya akan mengisi keindahan pantai terutama pantia utara sehingga udara akan semakin  bersih karena adanya penghijauan. Terlebih di pantai utara yang kian hari kian diterjang gelombang air laut sehingga perlu ditanam tumbuhan sejenis Mangrove. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES