Peristiwa Daerah

Peringati HUT ke-346, Pemkab Magetan Gelar Wayang Orang Secara Virtual

Selasa, 12 Oktober 2021 - 23:58 | 46.05k
Pagelaran wayang orang secara virtual di Gedung Tripandita pada Selasa (12/10/2021) malam. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Pagelaran wayang orang secara virtual di Gedung Tripandita pada Selasa (12/10/2021) malam. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Rangkaian peringatan HUT ke-346 Kabupaten Magetan Jawa Timur dilakukan meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu pagelaran wayang orang secara virtual di Gedung Tripandita pada Selasa (12/10/2021) malam.

Pagelaran wayang orang virtual ini merupakan salah satu upaya untuk terus menghidupkan seni tradisional di masa pandemi. Sehingga geliat seni yang sempat mati suri selama pandemi Covid-19 ini bisa perlahan-lahan bangkit kembali.

"Arah kegiatan kami untuk mengakomodir seniman-seniman yang memang di saat pandemi ini tidak ada job," ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdakab Magetan, Permadi Bagus Darmawan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan, Joko Trihono menyebut seluruh hiburan akan digelar secara virtual dan tidak ada bingar bingar keramaian. Alasannya untuk mencegah kerumunan guna memutus rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 yang kini masih mewabah.

Pagelaran Wayang Orang di Magetan 1

"Ini adalah salah satu kegiatan untuk menghibur masyarakat dalam rangka hari jadi Kabupaten Magetan," ucap Kepala Disparbud Magetan.

Menurut informasi, peringatan HUT Kabupaten Magetan tahun 2021 tak lepas dari sejarah diangkatnya Bupati Magetan pertama yaitu Basah Gondokusumo atau Yosonegoro oleh Ki Ageng Mageti pada tanggal 12 Oktober 1675 Masehi, maka tanggal 12 0ktober ditetapkan sebagai Cikal bakal dan Hari jadi Kabupaten Magetan.

Sementara pertunjukan wayang orang secara virtual dalam rangka peringatan HUT ke-346 Kabupaten Magetan berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan.  Kemudian, pada peringatan hari jadi kali ini mengusung tema Bersama Kita Tangguh Magetan Tumbuh. Di mana seluruh warga diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) mulai memakai masker hingga menjaga jarak dan bangkit bersama dari dampak pandemi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES