Peristiwa Daerah

Viral Cafe di Bondowoso, Gelar Pentas Musik Berkerumun dan Tak Bermasker Saat PPKM Level 3

Selasa, 12 Oktober 2021 - 22:28 | 65.36k
Tampak pagelaran pentas musik berkerumun dan banyak tak bermasker (FOTO: Screen capture video).
Tampak pagelaran pentas musik berkerumun dan banyak tak bermasker (FOTO: Screen capture video).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Viral video pentas musik di salah satu cafe mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Video berdurasi 30 detik itu tersebar di media chatting Whatsapp saat situasi masih PPKM level 3.

Ternyata video itu diduga digelar di Cafe NYK yang ada di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan/Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Video yang diketahui berlangsung Minggu (10/10/2021) malam itu, tampak pengunjung berkerumun dan banyak yang tak bermasker. Padahal Bondowoso masih masuk PPKM Level 3.

Sekretaris BPBD Bondowoso, Adi Sunaryadi memastikan pelaksanaan pentas musik di cafe tersebut belum ada izin dari Satgas Covid-19.

"Tidak ada izinnya, saya baru tahu tentang pentas musik itu," katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, kegiatan yang memicu kerumunan masih belum diperkenankan saat PPKM level 3.

Hal itu sebagaimana Instruksi Mendagri nomor 47 tahun 2021. "Belum ada ijin ke Satgas Covid-19,"  imbuhnya. 

Menurutnya, Satgas Covid-19 kabupaten langsung ke lokasi. Sementara untuk penindakan leading sektornya adalah ada Satpol PP.

"Kalau BPBD bertindak hanya soal administrasi untuk mengeluarkan rekom, penindakanya ada di Pol PP," tutupnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Slamet Yantoko mengatakan, Satpol PP masih menunggu hasilnya dari Polres.

"Hari ini masih ditangani Polres, nanti akan dipanggil juga cafe tersebut oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil)," paparnya.

Pihaknya sedang melakukan kajian dan menunggu hasil pemeriksaan kepolisian, sehingga bisa diketahui dimana ranah Satpol PP dan mana yang menjadi ranah kepolisian.

Namun demikian, ia juga telah memberikan teguran terhadap kafe di Bondowoso yang gelar pentas musik tersebut. "Namun yang jelas ada peringatan kepada yang bersangkutan," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES