Kesehatan

Rekomendasi 8 Kegiatan yang Dapat Hindari Penyakit Mental

Rabu, 13 Oktober 2021 - 02:33 | 60.94k
Ilustrasi Mental Health. (Foto: Istockphoto.com).
Ilustrasi Mental Health. (Foto: Istockphoto.com).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tanggal 11 Oktober adalah hari kesehatan mental sedunia. Untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia, TIMES Indonesia akan bagikan rekomendasi cara menghidari diri dari penyakit mental.

Dikutip dari halodoc, berikut adalah 8 kegiatan sederhana yang dapat menghindari kita dari penyakit mental,

1. Tidur yang cukup

Umumnya manusia wajib untuk tidur selama 8 jam, dengan tidur yang cukup membuat pikiran menjadi lebih segar, selain itu dapat meningkatka imun tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Berolahraga secara teratur

Olahraga diyakini dapat menghindarkan kita dari penyakit mental. Hal ini karena tubuh kita memerlukan aktivitas untuk menjaga stamina kita agar tetap bugar.

3. Senyum

Dengan tersenyum selain membuat wajah tampak lebih mudah, dengan tersenyum dapat membuat hati kita dan orang lain menjadi senang, serta dapat membuat atmosfir di lingkungan kita lebih positif.

4. Berkata jujur

Berkata jujur dapat membuat kita lebih mudah dipercaya oleh seseorang, selain itu berkata jujur kepada diri sendiri merupakan salah satu contohyang harus diterapkan kepada semua orang agar bisa menghargai diri kita sendiri.

5. Berpikir positif

Selain tersenyum, selalu berpikir positif merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Dengan berpikir positif kita dengan mudah menyadari bahwa hidup tidak melulu tentang hal buruk tapi masih banyak hal hal baik yang akan terjadi di sekitar kita.

6. Mencintai diri sendiri

Sering kali seseorang lebih suka membandingkan kehidupan pribadinya dengan orang lain, tahu kah kalian hal itu sanagt buruk bagi kesehatan mental kita. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kelemahannya masing – masing. Jadi, tidak usah terlalu mengkhawatirkan hal itu.

7. Bersyukur

Dapat dilkakukan dengan menghitung berapa banyak jumlah nikmat dan berkah yang telah kita terima dari sang pecinta hidup, yang dapa diyakini akan menghadirkan rasa kebahagiaan betapa beruntungnya kita saat ini.

8. Mencoba hal yang baru

Melakukan hal yang sama setiap harinya tentu dapat membuat kita cepat bosan, hal ini dapat kita hindari dengan melakukan hal baru yang belum pernah kita coba sebelumnya atau lebih sering lagi mengasah hobby yang kita tekuni.

Itulah tadi 8 kegiatan sederhana yang dapat menghindari kita dari penyakit mental. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES